1 Desember, Tiga Stasiun Ganti Nama, Jadwal KA Juga Berubah

KAI Daop 9 Jember

KAI Daop 9 Jember

KabarRakyat.ID – Terhitung mulai 1 Desember besok, dua stasiun dalam wilayah kerja PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 9 Jember, bakal berubah nama. Di antaranya, Stasiun Banyuwangi Baru (BW) menjadi Stasiun Ketapang (KTG), Stasiun Karangasem (KNE) menjadi Stasiun Banyuwangi Kota (BWI) dan Stasiun Arjoso (AJ) menjadi Stasiun Arjasa (AJ) di Jember.

“Perubahan nama stasiun itu dilakukan setelah melalui berbagai pertimbangan saran dan masukan dari pengguna jasa KA dan para stakeholders. Diharapkan nantinya dengan perubahan nama stasiun tersebut dapat memudahkan pengguna jasa KA merencanakan perjalanannya saat melakukan pemesanan tiket,” jelas Vice President PT KAI Daop 9 Jember, Joko Widagdo melalui Manajer Humas PT KAI Daop 9 Mahendro Trang Bawono, Sabtu (30/11/2019).

Tidak hanya dua nama stasiun itu saja, kata Mahendro, Stasiun Arjoso (AJ) juga berganti menjadi Stasiun Arjasa (AJ) di Jember.

Baca juga:

Seiring perubahan nama stasiun tersebut, jadwal keberangkatan kereta api juga mengalami perubahan. Hal tersebut dikarenakan KAI akan menggunakan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2019 yang telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 1781 Tahun 2019 tentang Penetapan Grafik Perjalanan KA Tahun 2019 PT KAI (Persero).

“Penetapan Gapeka 2019 ini untuk menggantikan Gapeka 2017 yang sebelumnya digunakan oleh KAI,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Grafik Perjalanan Kereta Api atau Gapeka merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan KA.

Lebih jauh Mahendro menerangkan, Gapeka 2019 dibuat untuk memenuhi aspirasi dan kebutuhan pelanggan akan layanan kereta api yang dapat diandalkan. Penggunaan Gapeka 2019 ini akan mempengaruhi jadwal perjalanan KA, waktu tempuh perjalanan, perpanjangan relasi KA, serta perubahan stamformasi (susunan rangkaian KA).

Reporter : Fattahur

Editor : Setiawan

banner 970x90









Loading...

#kai daop 9 jember #stasiun di banyuwangi

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply