100 Pemuda Bondowoso Ikut Pelatihan Bela Negara

111 views
banner 468x60)
Bela Negara

Foto: Bupati Bondowoso menyematkan pin peserta pada seorang peserta Pelatihan Bela Negara

Bupati Salwa : Salah Satunya Bangga Pakai Produk Sendiri

KABARRAKYAT.ID – Sebanyak 100 pemuda-pemudi Bondowoso perwakilan dari organisasi masyarakat, universitas, dan pondok pesantren mengikuti Pelatihan Bela Negara, di Hotel Anugerah, Senin-Rabo (8-10/4/2019).

Mereka akan dilatih kedispilinan, dan bagaimana cara menghadapi persoalan dengan menghindari sengketa. Juga dibekali pembelajaran dan penyampaian materi dari berbagai narasumber, khususnya terkait wawasan Bela Negara.

Bupati Salwa Arifin membuka Pelatihan Bela Negara dan menyematkan secara simbolis tanda peserta pada program pelatihan bela Negara. Ia menerangkan, bahwa bela negara tidaklah hanya dilakukan dengan kekuatan senjata. Tapi upaya-upaya bagaimana bisa menggerakkan diri dan orang lain dalam memajukan ekonomi, pendidikan baik secara formal maupun non formal. Bisa lewat Ponpesnya atau organisasi masyarakat, itu juga bagian dari bela negara.

Ia melanjutkan, bahwa terdapat sejumlah nilai bela negara yang perlu dipegang teguh.  Salah satunya yakni mengenai cinta tanah air, dengan bisa mereplikasikannya melalui enam indikator. Salah satunya, yakni bangga menggunakan hasil produk bangsa sendiri.

Menurutnya, semangat bela negara ini merupakan kekuatan yang maha dahsyat jika diikat dalam tali persatuan Indonesia. Terlebih lagi, sejarah telah membuktikan bahwa dengan persatuan Indonesia, semua tantangan dan ancaman bangsa akan bisa dilalui bersama.

“Untuk itu saya ajak semua elemen bangsa untuk membangun kebersamaan dan persatuan dalam menghadapi tantangan bangsa ke depan,” terang Bupati kelahiran Bondowoso itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Bakesbangpol, Achmat Prajitno, mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menanamkan rasa cinta, kasih sayang dan bangga terhadap sesama manusianya yang berbeda agama, suku, dan bahasa. Termasuk pula, salah satunya yakni bangga terhadap produk bangsa sendiri.

“Bela negara itu bukan hanya seperti TNI dan Polri saja. Sampeyan menyayangi sesama umatnya yang berbeda agama, bahasa, suku, antara golongan, itu sudah bela negara,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh unsur Perguruan Tinggi, Ormas, Mahasiswa, Elemen masyarakat, Pondok Pesantren . Dengan menghadirkan nara sumber dari Kodim 0822 Bondowoso, RAPI, PKK serta Akademisi.

Reporter : Ifa

Editor : Choiri

banner 468x60)

#bela negara #bondowoso maju #pemuda dan pemudi bondowoso

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply