111 Desa di Sampang Akan Menggelar Pilkades Serentak

  • Whatsapp

Kepala Bidang (Kabid) Bina Pemerintahan Desa DPMD Irham Nurdayanto

KABAR RAKYAT – Pemerintah Kabupaten Sampang akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Sampang, Madura tahun 2021.

Pesta Demokrasi Desa itu diikuti 111 Desa, dari 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sampang.

Bacaan Lainnya

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Chalirurrahman melalui Kepala Bidang (Kabid) Bina Pemerintahan Desa DPMD Irham Nurdayanto mengatakan masih dalam Proses pembahasan pelaksanaannya.

“Kami dari DMPD sedang mempersiapkan Regulasi berkaitan dengan pelaksanaan Pilkades,”katanya saat dikonfirmasi di ruangannya (20/2/2021).

Adapun proses tersebut, lanjut Irham Nurdayanto pihaknya mendapatkan surat edaran permendagri terkait dengan pelaksanaan pilkades disituasi pandemi covid-19.

“Kebetulan diakhir tahun 2020 bulan Desember kami menerima permendagri, surat edaran setelah terbit sosialisasi dan webinar yang diberikan kepada kami yang berkaitan dengan proses pelaksanaan pilkades serentak diera pandemi,”ucapnya.

DMPD tidak hanya menerima surat edaran tersebut, kata Irham Nurdayanto DMPD melakukan pengakajian terhadap Permendagri Nomer 72 Tahun 2020 tentang perubahan pelaksanaan pilkades serentak di era pandemi covid-19.

“Bahwasaanya pelaksanaan pilkades serentak tahun ini wajib mengikuti protokol kesehatan (prokes) disemua tahap-tahapannya,”ungkapnya. 

Selanjutnya pengkajian permendagri itu, tambah Irham Nurdayanto pihaknya berkoordinasi dengan pihak terkait.

“Baik pengkajian bersama dengan DPRD, Camat, perwakilan kepala Desa, BPD dan Bappemperda  untuk kelancaran Pilkades serentak nanti karena itu harapan kami  dipandemi covid-19 ini,”imbuhnya. 

Sedangkan jadwal pelaksanaan Pilkades Serentak, Menurut Irham belum bisa dipastikan. 

“Kalo tanggal dan hari kami belum bisa memastikan mas, yang jelas jabatan kepala Desa itu berakhir bulan Desember Tahun 2021 dari 111 Desa itu,”terangnya.

Saat disinggung anggaran dana pelaksanaan pilkades serentak Kabupaten Sampang, Irham Nurdayanto tidak menjelaskan, sebab pihaknya masih fokus membahas tahapan pelaksanaan pilkades serentak di Sampang 

“Kalo anggaran masih belum mas, soalnya kami masih mematangkan pengkajian proses pelaksanaan pilkades nanti, kalo sudah selesai baru nanti kami membahas anggarannya,”paparnya. (Jamal/Setiawan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *