1945 Burung Merpati Dilepas Bersama Warga Maesan

  • Whatsapp
ribuan merpati_kimkunir
ribuan merpati_kimkunir
Camat Maesan, Risky Idham Lukmana
Camat Maesan, Risky Idham Lukmana

KabarRakyat.ID – Sebanyak 1945 ekor burung merpati dilepas bersama-sama oleh Warga Kecamatan Maesan, Bondowoso, sebagai simbol penting dalam Dirgahayu Indonesia ke-74, di lapangan belakang Kantor Pemerintah Kecamatan, Minggu (18/8/2019).

“Pelepasan 1.945 merpati ini melambangkan kebebasan, kemerdekaan dan cinta tanah air,” kata Risky Idham Lukmana, Camat Maesan.

Read More

Sebelum pelepasan merpati, terlebih dahulu warga Maesan menggelar Jalan-jalan Santai (JJS). Adanya pelepasan burung merpati ini menambah keriuhan suasana. Seluruh peserta JJS bersorak dan bertepuk tangan meriah. Langit di atas lapangan tersebut dipenuhi burung-burung yang terkenal dengan kesetiaan ini.

Menurut Camat Maesan Risky Idham Lukmana, jumlah burung merpati yang dilepaskan ini memang sengaja disamakan dengan tahun kemerdekaan RI yakni tahun 1945. Tujuannya untuk kembali mengajak masyarakat mengingat perjuangan para pahlawan yang kemudian merdeka pada tahun 1.945.

“Kami mengajak masyarakat untuk ingat terus sejarah bahwa tahun 1.945 merupakan awal kemerdekaan Indonesia,” ungkapnya.

Dilanjutkannya bahwa memang kegiatan tersebut selain untuk memeriahkan kemerdekaan. Sekaligus menjadi ajang silaturahmi dan mempersatukan semua elemen masyarakat.

“Jadi semua masyarakat bersatu. Tak ada lagi perpecahan, bias-bias apapun. Ujungnya setelah bersatu kemudian berdampak pada pembangunan di Maesan khususnya,” pungkasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan bersamaan dengan JJS itu, kata Idham, diikuti oleh 74 kelompok dari 12 desa.

“ Jumlah kelompok yang diundang pun disesuaikan dengan tahun kemerdekaan Indonesia,”imbuhnya.

Reporter : Ifa

Editor : Choiri

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *