Senin, Januari 18, 2021
Beranda JATIM KAB BLITAR 2020, Lima Pejabat Pemkab Blitar Ikuti Assesment Eselon II.B

2020, Lima Pejabat Pemkab Blitar Ikuti Assesment Eselon II.B

KABAR RAKYAT – Sebanyak lima pegawai Pemerintah Kabupaten Blitar mengikuti Assesment kompetensi bagi Pejabat Struktural Eselon II.B. Kelima pegawai itu yakni Asisten Administrasi Umum, Kepala Dinas Pendidikan, Sekretaris DPRD, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip.

Assessment Kompetensi adalah proses penilaian kompetensi yang digunakan untuk menguji fit and proper seseorang untuk menduduki jabatan tertentu, baik berdasarkan tingkatan atau eselon maupun berdasarkan bidang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Blitar, Mashudi mengatakan, Assessment kompetensi bagi pejabat struktural eselon II-B di Pemkab Blitar tahun ini merupakan langkah awal dari implementasi UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dan PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS.

“Selain ada dua dasar pelaksanaan tersebut, Assement tahun 2020 juga mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 tahun 2019 terkait pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka dan kompetitif di lingkungan instansi pemerintah masa berlaku hasil penilaian kompetansi PNS selama tiga tahun,” tuturnya.

Dijelaskannya, tujuan diadakannya Assesment ini adalah untuk mendapatkan peta kompetensi pejabat sesuai dengan Permenpan 38 tahun 2017 tentang standar kompetansi Aparatur Sipil Negara.

“Dilain sisi juga untuk mengetahui kompetensi dari pejabat yang mengikuti uji kompetansi terhadap 9 aspek kompetansi penilaian yang meliputi integritas, kerjasama, komunikasi, orientasi pada hasil, pelayan publik, pengembangan diri dan orang lain, mengelola perubahan, pengmabilan keputusan serta perekat bangsa,” imbuhnya.

Ia menambahkan, ASN yang memenuhi syarat akan menduduki jabatan diharuskan untuk mengikuti proses tes/uji. Sehingga diharapkan ASN tersebut dalam menempati jabatan benar memiliki integritas, profesional dan etika dalam menjalankan tugasnya.

“Oleh karena itu, pelaksanaan Uji Kesesuaian Kompetensi bagi para pejabat pimpinan tinggi pratama yang dilaksanakan tahun ini merupakan bagian dari strategi dan kebijakan dalam pengembangan karir ASN di Pemkab Blitar,” tegasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca