28 ODGJ Kabupaten Pangandaran diberangkatkan ke RSJ Marzoeki Mahdi Bogor

  • Whatsapp
KABAR RAKYAT – Puluhan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Kabupaten Pangandaran diberangkatkan ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Marzoeki Mahdi Bogor.
Total keseluruhan, pasien tersebut  berasal dari Wilayah Kecamatan Padaherang  9 orang dan Klinik Himatera dengan jumlah 8 orang. Akan menjalani perawatan dan pengobatan selama 21 – 23 hari.
Kepala Dinas Kesehatan Pangandaran Yani Ahmad Marzuki ketika ditemui menjelaskan , jumlah penderita ODGJ di Kabupaten Pangandaran dengan kategori berat sebanyak 501 orang dari jumlah yang terdata 708 orang.
Ini tahapan untuk kedua kali di laksanakan yang  bekerjasama dengan Rumah Sakit Jiwa Marzoeki Mahdi Bogor , di karenakan kabupaten  Pangandaran belum ada dokter jiwa dan  kondisi obat nya pun sangat terbatas,” Ucap Yani Ahmad Marzuki  kepada Media Kamis (25/3/2021) kemarin.
Sebelumnya tahap pertama, lanjut Yani pada Tahun 2020 sebelum pandemi Virus Corona
dengan jumlah 30 orang penderita ODGJ dan  meninggal satu orang, tetapi bukan di sebabkan dari penyakit jiwanya namun dari penyakit fisik lainnya.

“Mudah mudahan saja di tahap dua  sekarang sebanyak 28 orang selama dalam 23 hari disana keadaanya akan membaik,”Harap Yani.
Kami pun sangat puas dengan Rumah Sakit Marzoeki Mahdi  dari segi pelayanan serta  pengobatan sampai tuntas. Dan setelah 23 hari di pulangkan sudah berada di Pangandaran  akan di tindak lanjuti oleh Dinas Kesehatan”, Ujarnya.
Promotor Kesehatan Jiwa (RSJ)  Marzoeki Mahdi Iyep Yudiana mengatakan ,  bahwa mereka yang dievakuasi atau dirujuk, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Pangandaran, yang didapat dari laporan warga.
“RSJ Marzoeki Mahdi menurunkan dokter spesialis penyakit jiwa, dokter UGD, perawat jiwa dan lain-lain”, Terangnya.
Kemungkinan , tambah  Iyep semuanya akan dikembalikan pada bulan April mendatang mudah mudahan sudah dalam keadaan membaik,” Pungkasnya.*

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *