Friday, October 30, 2020
Home JATIM LUMAJANG 3.083 m3 Kayu Jati Pembalakan Liar Diungkap Perhutani Lumajang

3.083 m3 Kayu Jati Pembalakan Liar Diungkap Perhutani Lumajang

- Advertisement -

KABAR RAKYAT – Petugas keamanan huta, Perum Perhutani KPH/BKPH Senduro menemukan tumpukan kayu jati diduga hasil pembalakan liar. Kayu hutan tersebut ditemukan dalam Petak 42.A, Desa  Pandansari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang pada tanggal 08 Juli 2020.

Saat ini, tumpukan kayu diduga hasil pembalakan liar telah diamankan di tempat penampungan kayu (TPK) Sarikemuning.

Asper RPH/BKPH Senduro Lumajang, Lesmana mengungkapkan  berawal informasi ada penebangan kayu jati di petak 42.A. Setelah mendapat informasi, pihaknya langsung menuju lokasi untuk melakukan pengecekan bener tidaknya informasi yang diterimanya.

Ia menambahkan, setibanya di lokasi, ditemukan sebanyak 4  tunggakan pohon jati bekas pencurian. Setelah dilakukan penyelidikan awal, pihaknya melakukan pencarian kayu tersebut. Pencarian barang bukti kayu jati curian akhirnya membuahkan hasil.

Telah ditemukan 24 batang kayu jati sejumlah 3.083 m3 dirumah Puji Santoso warga Dusun Sumber agung Desa Senduro Kabupaten Lumajang.

” Tanaman pohon jati yang ditebang pelaku  adalah pohon jati kelas hutan TJKL yang ditanam tahun 1987 silam,” jelas Asper Senduro Lesmana, Kamis (16/07)

Dari introgasi awal yang dilakukan terhadap Puji Santoso, potongan kayu jati itu milik M.Sukirno warga Dusun Sumberagung Desa Senduro.

Setelah mendapatkan keterangan dari Puji, aktor pelaku illegal logging ini adalah M. Sukirno dan  pihaknya langsung melaporkan Sukirno terkait dengan  kasus pencurian kayu jati ini ke Mapolsek Senduro.

Lesmana menambahkan, sedangkan  pelaku utama pencurian kayu Sukirno melarikan diri ke luar lumajang.

” Sampai kapanpun akan saya kejar, Sukirno Lari karena tahu kalau dirinya akan ditangkap,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca