30 Orang se Lampung Ikut Uji Kompetensi Petugas Inseminasi Buatan

  • Whatsapp
Uji Kompetensi Petugas Inseminasi Buatan
Uji Kompetensi Petugas Inseminasi Buatan

KabarRakyat.ID – Sebanyak 30 orang dari empat kabupaten di provinsi Lampung. Ikut menjadi peserta Uji Kompetensi Petugas Inseminasi Buatan. Yang diselenggarakan di Aula Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Way Kanan, Lampung, pada Senin (20/1).

Kegiatan dilaksakanan dua hari, sejak tanggal 18 hingga 20 Januari. Hadir Direktur dan Meneger Penguji dari Lembaga Sertifikasi Penguji (LSP) Singosari Malang, Jawa Timur. Empat kabupaten itu, diantaranya datang dari, Kabupaten Way Kanan, turut serta pula dari Kabupaten Lampung Utara, Lampung Tengah dan Pesisir Barat.

Read More

Joko Purwono S.Pt, MM, sebagai Kabid. Peternakan dan Kesehatan Hewan dari Dinas tersebut, menjelaskan, pihaknya menyambut baik kegiatan itu.  Jika petugas kawin suntik ternak memiliki sertifikat uji kompetensi. Artinya, masyarakat sudah tidak perlu ragu lagi saat hewan ternaknya dilakukan kawin suntik. Apalagi pengujinya pula dibawah naungan Presiden RI.

Dia juga bersyukur dari 30 peserta yang mengikuti uji kompetensi dinyatakan lulus semua, tadinya dikwatirkan ada yang tidak kompeten, sehingga kedepannya proses kawin suntik yang dilakukan petugas tersebut, masih diragukan.

Saat hari pertama yang dilakukan tes materi, contohnya saja, apa yang telah dilakukan oleh petugas kawin suntik, sudah memiliki sertifikat atau belum, di Way Kanan dalam satu hari akan didapat berapa layanan untuk melakukan kawin suntik ternak.

Ketika sudah dinyatakan lulus dan mendapat Sertifikat dari LSP Singosari Malang, maka diakui se Asia Tenggara. Jadi tidak hanya di Provinsi Lampung saja peserta itu diakui, tetapi juga diluar Provinsi, bahkan diluar Negeri, sambungnya.

Dia (Kabid) menambahkan, bagi masyarakat yang ingin ternaknya dikawin suntik, maka tidak dipungut biaya, sebab sudah di subsidi oleh Pemerintah Pusat.

Reporter : Sarnubi

Editor : Choiri

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *