Sampah Jl. Teratai Menumpuk, Mana Petugas Kebersihan?

409 views

KABARRAKYAT, BANYUWANGI – Warga di sekitar tempat pembuangan sampah sementara (TPSS) di Jl. Teratai, mengeluhkan menumpuknya sampah yang tidak kunjung diambil petugas kebersihan. Saking banyaknya, sampah tersebut berserakan di jalan. Tidak hanya itu, sampah ini juga mengeluarkan bau yang tidak sedap. Sebab sampah ditempat itu sudah berhari-hari menumpuk.

Warga menyayangkan tidak adanya petugas yang mengambil sampah tersebut. Padahal biasanya sampah di TPSS itu diambil secara rutin oleh petugas kebersihan pemerintah sehingga tidak sampai menumpuk dan menimbulkan bau.

“Itu mungkin sudah lebih dari seminggu sampahnya tidak diambil,” ujar Budi, warga sekitar TPSS tersebut.

Selain bau yang menyengat, kondisi sampah yang menumpuk dan berserakan di jalan juga merusak pemandangan. Meski demikian pengguna jalan terpaksa melintasi jalan itu meski harus menutup hidung agar tidak menghirup bau sampah. Maklum saja, lokasi TPSS berada di tepi jalan raya yang setiap hari ramai dengan pengendara jalan.

Suryadi, warga yang lain menyatakan, meskipun libur panjang, seharusnya tetap ada petugas pengambil sampah yang bekerja. Sehingga tidak terjadi penumpukan sampah dan berakibat menimbulkan bau yang sangat tidak sedap. Apalagi saat ini sedang musim hujan sehingga sampah lebih cepat membusuk.

“Kalau seperti ini baunya sangat mengganggu warga,” ungkapnya Rabu (27/12/2017).

Pantauan KABARRAKYAT, sampah yang di TPSS Jl. Teratai sudah jauh meluber dari tempatnya. Bahkan sampah sudah menumpuk hingga beberapa puluh meter dari tempat yang seharusnya.

Sebelumnya, perhatian pemerintah daerah pada petugas kebersihan sangat luar biasa. Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, melepas keberangkatan dua petugas kebersihan atau dikenal Pesapon untuk menunaikan ibadah umrah ke Makkah. Pelepasan dilakukan di acara silaturahim dengan ratusan petugas kebersihan, Jumat (8/12/2017), sekaligus pengumuman kenaikan insentif bagi para petugas kebersihan.

Mereka yang mendapat rejeki umroh itu, pesapon Eni Endangwati dan Sumawi, dua petugas kebersihan yang diberangkatkan umrah. Eni adalah petugas di Bank Sampah, sedangkan Sumawi adalah petugas pengolah kompos. Mata keduanya berkaca-kaca saat Bupati Anas menyerahkan dua koper besar untuk menunjang ibadah umrah.

Reporters : Muh. Hujaini

Editor.       : Choiri

Baca juga  : Bupati Anas Lepas Dua Pesapon Berangkat Umroh

banner 970x90









Loading...

#Banyuwangi_Kab #BanyuwangiBersih #PetugasKebersihan

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply