Monday, August 10, 2020
Home JEMBER 4.727 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih untuk Pilkada Jember 2020 Disiapkan KPU

4.727 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih untuk Pilkada Jember 2020 Disiapkan KPU

KABAR RAKYAT – Sebanyak 4.727 petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jember 2020 telah disiapkan oleh KPU Kabupaten Jember.

Setelah di rekrut ribuan petugas penyelenggara Pilkada untuk bupati dan wakil bupati Kabupaten Jember, akan segera ditetapkan dan aktif berkerja pada 15 Juli 2020 nanti.

Seperti dikutip Kabar Rakyat dari Antara Jatim, jumlah PPDP disesuaikan dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) Pilkada Jember sebanyak 4.727 TPS karena satu PPDP memiliki tugas untuk melakukan pemutakhiran data pemilih per TPS, sehingga total petugas yang diterjunkan sebanyak 4.727 orang.

“Setelah pembentukan PPDP nanti akan dilanjutkan dengan pemberian bimbingan teknis tentang tugas dan fungsi PPDP dalam tahapan pilkada, sehingga saat diterjunkan ke lapangan bisa menjalankan tugasnya dengan maksimal,” tuturnya anggota KPU Jember Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi Ahmad Hanafi di Kantor KPU Jember, Jawa Timur, Selasa.

Artikel ini sudah tayang di Antara, berjudul: KPU siapkan 4.727 petugas pemutakhiran data pemilih di Pilkada Jember

Ia menjelaskan jumlah daftar pemilih yang akan dicoklit tersebut berdasarkan data sinkonisasi daftar penduduk pemilih potensial pemilu (DP4) dari Kementerian Dalam Negeri dengan daftar pemilih tetap (DPT) pemilu terakhir yang mencapai 2.001.506 pemilih yang terdiri dari 1.007.071 pemilih perempuan dan 994.435 pemilih laki-laki.

[the_ad id=”29596″]

“Petugas pemutakhiran data pemilih nanti harus menjalani tes cepat COVID-19 sebelum turun ke lapangan dan hal itu sesuai dengan protokol kesehatan,” katanya.

Para petugas yang melakukan pemutakhiran data pemilih juga dibekali dengan alat pelindung diri (APD) untuk mencegah penyebaran virus corona sesuai dengan protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Jember.

Sebelumnya, KPU Jember juga sudah memberikan bimbingan teknis kepada anggota PPK terkait pemutakhiran dan penyusunan data pemilih, serta pengoperasian data pemilih dalam Pilkada Jember pada 3 Juli 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER