Monday, September 21, 2020
Home BERITA 4 Modal Utama Pers Bermartabat-Pemilu Berkualitas

4 Modal Utama Pers Bermartabat-Pemilu Berkualitas

- Advertisement -

Bagir Manan, mantan Ketua Dewan Pers/Ketua Mahkamah Agung RI

KABARRAKYAT.ID – Pers yang bermartabat harus memiliki 4 (empat) modal utama, pertama sanggup berjalan pada prinsip-prinsip jurnalisme demokratis dan universal, pers sanggup senangtiasa menjunjung kode etik, pers harus mampu menjaga diri sebagai institusi publik  yang harus menjaga kepercayaan publik, dan yang keempat pers harus menjamin Pemilu berjalan bebas, karena bebas itu juga merupakan hidup matinya pers.

Hal ini disampaikan oleh Profesor.DR. Bagir Manan, mantan Ketua Dewan Pers Indonesia periode 2013-2016, dalam acara dongeng kebangsaan yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informasi bekerjasama dengan Kaukus Media dan Pemilu, dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Banyuwangi, Rabu (10/10/2018) di Gesibu Blambangan Banyuwangi.

Menurut Bagir Manan, syarat pokok sebuah informasi yang baik adalah akurat, dapat dipertanggungjawabkan dan mencerahkan. Dengan kata lain fungsi pencerahan harus melekat dan disadari oleh semua pengiat media agar masyarakat tidak tersesatkan oleh berita “ Hoax”.

Baca juga:

“ Masyarakat kualahan memilah dan memilih, antara yang nyata dan opini sehingga yang benar dan yang palsu menjadi simpang siur, karenanya media harus menegakkan fungsi pencerahan, “ seru Bagir Manan dihadapan ribuan masyarakat yang antusias hadir di kegiatan Dongeng Kebangsaan.

Berbicara mengenai Pemilu berkualitas, Bagir Manan menyampaikan,Pemilu haruslah bermartabat, dimana proses Pemilu dilakukan dengan benar. Pemilu dikatan berkualitas jikan hasinya juga berkualitas. Ukurannya adalah bila calon yang dipilih, terdiri dari orang-orang yang memilki integritas, yakni  orang yang selalu mengatakan apa yang baik untuk rakyatnya, bukan apa yang baik untuk dirinya.

“ Calon pemimpin harus mengedepankan kewajibannya daripada haknya, “ ungkapnya.

Hadir dalam acara dongeng kebangsaan, staf ahli Kemenkoinfo, Herry Subiakto, Katua Dewan Pers, Ahmad Jauhar, Komisaris Tempo Media Group,  Bambang Harymurti, Direktur Eksekutif Indonesia New Media Watch, Agus Sudibyo, Bupati Banyuwangi, H.Abdullah Azwar Anas, serta Ketua PWI Banyuwangi, Saiffudin Mahmud.

Reporter: Hariyadi

Editor: Coi/Choiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER