Kamis, Januari 21, 2021
Beranda KESEHATAN 4000 Nakes Lumajang Prioritas di Vaksin COVID-19

4000 Nakes Lumajang Prioritas di Vaksin COVID-19

REPORTERUlum Subekti

KABAR RAKYAT – Pengiriman pertama, 4000 Vaksin Sinovac COVID-19 dari pemerintah digunakan tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Lumajang Jawa Timut.

Hal itu ditegaskan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang dr. Bayu Wibowo dikantornya, Selasa (05/01).

Pria akrab disapa dr. Bayu ini menjelaskan jumlah vaksin diterima Pemerintah Provinsi Jawa Timur sekitar 77.760 dosis vaksi COVID-19. Lalu disalurkan ke kabupaten/kota se Jawa Timur.

Prioritas utama, kata dr. Bayu, vaksin COVID-19 diberikan nakes yang saat ini berjumlah 4600 tenaga kesehatan.

Pelaksanaan vaksinisasi tahap pertama diperkirakan sampai bulan April 2021 mendatang. “Untuk vaksinisasi di Lumajang belum mengetahui kapan pastinya, karena belum terjadwal,” jelasnya.

Vaksinisasi COVID-19 akan dilaksanakan 25 Puskemas dan 7 rumah sakit di Lumajang. Sementara petugas vaksinisasi yang telah dilatih berjumlah 180 nakes. Namun tidak semua Nakes di vaksin COVID-19. Karena terkendala persyaratan punya riwayat penyakit tertentu.

“Selain yang punya penyakit tertentu atau penyerta, pasien positif COVID-19 tidak dapat, karena dianggap sudah punya kekebalan,” ujar dr. Bayu juga Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Lumajang.

Disusul tahap berikutnya, vaksinisasi diberi kepada istitusi TNI/Polri. Lalu petugas pelayanan publik di pemerintah setempat dan masyarakat Lumajang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca