Festival Jathilan Bromo Menjadi Pagelaran Pembeda Bagi Wisatawan

IMG-20190929-WA0059 jathilan probolinggo

Foto : Festival Jathilan Bromo menjadi pagelaran pembeda di Jawa Timur.

KabarRakyat.ID – Wisata alam Gunung Bromo selalu saja membikin wisatawan kesengsem. Selain kearifan budaya, pemandangan alam yang indah membuat wisatawan terpesona.

Untuk memanjakan pengunjung, selalu lahir ide baru seperti Jazz Gunung Bromo yang kini menjadi icon musik bergengsi. Kali ini kembali panggung Jiwa Jawa Resort menjadikan festival Jathilan Bromo, sebuah pagelaran bernuansa khas Jawa Timur yang mendapat setuhan kreografi.

Pengunjug gunung Bromo seakan dimajakan. Festival Jathilan Bromo menjadi icon baru tahunan yang menyajikan kearifan budaya lokal. Selain memamerkan gerakan yang gemulai, lincah, tegas bahkan kekuatan magis. Jathilan seni lokal yang telah medunia itu kini kembali disadingkan dengan cerita yang membuat setiap penonton merasakan kebesaran dan keagungan budaya negeri nusantara. Menarik, tari Jathilan ini ditampilkan diatas ketinggian 2000 meter dari permukaan air laut

Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengaku takjub dan kagum atas kreasi seni yang di tampikan di pelataran Jiwa jawa Resort Desa Wonotoro, kecamatan Sukapura,kabupaten Probolinggo itu. Tidak hanya menampilan tarian, Jathilan Bromo mampu menampilkan cerita masa Kejayaan kerajaan Majapahit.

” Bromo selalu saja menarik dikunjungi wisatawan dari manca negara. Adanya even-even ini tentu akan membuat wisawatan bisa tinggal lebih lama digunung Bromo. Rata-rata kunjungan turis asing 14 hari di Indonesia 2 hari di candi Borobudur, hanya 1 hari di gunung Bromo dan gunung Ijen.Sisanya mereka gunakan tinggal di Bali. Festival Jathilan Bromo diharapkan mampu mendongkrak turis untuk tinggal lebih lama di Bromo. Mereka bisa menikmati sajian budaya original Jawa Timur disini,”kata Khofifah Indar Parawansa,sabtu malam (28/9/2019).

Kawasan Bromo-Semeru -Tengger akan dijadikan kawasan wisata strategis nasional tentu ini akan mendongrak ekonomi lokal dan meningkatkan PAD sektor Pariwisata. Festival Jathilan Bromo akan masuk daftar kegiatan pariwisata tahunan Jawa -Timur.

Bupati Probolinggo Hj.Tantriana Sari.SE yang mendampingi gubernur Jawa Timur mengaku senang ada inisiasi dan kreatifitas yang terus dilahirkan untuk meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Probolinggo.

” Festival Jathilan ada sumbangan kebudayaan yang kami apresiasi. kreatifitas yang dilahirkan akan menjadi icon baru di Bromo. Tarian yang ditampilkan begitu menarik dan langka membawa cerita yang kuat. Festival ini menjadi pembeda dengan daerah wisata yang lain”, ungkap bupati Probolinggo Tantriana Sari.

Festival Jathilan Bromo kali ke dua ini mulai diminati pengunjung. Jathilan Bromo nampaknya akan menyaingi even Jazz Bromo yang lebih dulu lahir ditangan kreatornya. Tentu saja wisata gunung Bromo kian menarik selain klutur budaya Tengger yang berahaja itu.

Reporter : Richard

Editor : Choiri

banner 970x90









Loading...

#festival budaya jathilan bromo #pagelaran budaya bergengsi #wisata bromo #agen wisata#gubernur jawa timur #agenda parawisata jawa timur #tour de indonesia

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply