Tekan Harga, Satgas Ketahanan Pangan Lepas Beras Medium

14 views
banner 468x60)

 

KABARRAKYAT, BANYUWANGI – Untuk menjaga kestabilan harga beras di pasaran, Bulog Sub Divisi Regional (Sub Divre) V Banyuwangi melakukan operasi pasar secara serentak di seluruh Banyuwangi Selasa (9/1/2018). Beras yang dijual dalam Operasi pasar ini adalah beras jenis medium. Menariknya, Bulog tidak membatasi jumlah beras yang dibutuhkan dalam operasi pasar ini.

Pelepasan beras operasi pasar ini dilakukan Sekretaris Direktorat Jenderal Perdagangan dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Syailendra dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Diharapkan dengan operasi pasar serentak ini dapat menstabilkan harga beras di pasaran. “Ini untuk membuktikan Negara hadir bersama rakyat membuktikan beras tidak kurang,” ujar Syailendra.

Pria ini menegaskan, berapapun beras yang diperlukan masyarakat bisa disediakan pemerintah dalam hal ini Bulog. Saat ini sebenarnya tidak terjadi kenaikan harga beras yang signifikan. Namun menurutnya, meskipun terjadi kenaikan hanya Rp 100 rupiah pemerintah harus hadir untuk mengendalikannya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bulog Sub Divre V Banyuwangi, David Susanto, menyatakan, selama tahun 2017 Bulog Banyuwangi  berhasil menyerap beras petani sebanyak 81.500 ton. Ini sudah melebihi target yang dipasang sebesar Rp 71 ribu ton.

Menurutnya, pelaksanaan operasi pasar sudah menyebar hingga ke pasar-pasar. Di seluruh pasar tradisional dipastikan ada pelaksanaan Operasi Pasar. Dia juga menggandeng pedagang besar dan para mitra kerja penggilingan yang memiliki downline pedagang kecil-kecil. Harga beras medium dalam operasi pasar ini dibanderol Rp 9.350 per kilogram. “Pelaksanaan operasi pasar sudah menyeluruh di Banyuwangi,” tegasnya.

Baca juga : Bulog Banyuwangi Peringkat 2 Nasional Penyedia Beras Terbaik

Dalam operasi pasar ini pihak Bulog tidak membatasi jumlahnya. David menegaskan, jika dibutuhkan, seluruh stok yang ada di Gudang Bulog boleh dihabiskan untuk pelaksanaan operasi pasar ini. Sebab Februari ini sudah mulai panen raya sehingga bulog akan mendapatkan stok tambahan.

Operasi pasar ini tanpa batas waktu. Targetnya, operasi pasar akan dilaksanakan sampai harga beras medium stabil dan barang dipasaran sudah pulih. Harga beras medium dikatakan stabil pada harga Rp 9.450. “Harga dari Bulog hanya Rp 8 ribu, sudah diantar,” pungkasnya.

Reporter : Muh. Hujaini

Editor : Hujaini

banner 468x60)

#Berasmedium #Bulog #Satgasketahananpangan

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply