Friday, October 30, 2020
Home JATIM BANYUWANGI 5 Truk Angkut Barang Bukti Kayu Illegal yang Ditangani Polsek Tegaldlimo

5 Truk Angkut Barang Bukti Kayu Illegal yang Ditangani Polsek Tegaldlimo

REPORTERJaenudin
- Advertisement -

KABAR RAKYAT – Lima truk besar angkut barang bukti kayu illegal dari gudang milik pengusaha kotak buah di Dusun Kaliwungu Desa Kedungwungu Kecamatan Tegaldlimo.

Kayu illegal itu dibawa petugas Perhutani dan Polsek Tegaldlimo di TPK Gaul Kecamatan Purwoharjo, Selasa, 8 September 2020.

Komandan Regu, Danru Polhutmob KPH Banyuwangi Selatan, Hadi Siswoyo mengatakan potongan kayu illegal itu dihitung berapa kubikasi untuk menghitung jumlah kerugiannya.

Baca: Ratusan Polisi Latihan Tactical Hadapi Pemilihan Bupati Banyuwangi

Awal, jelas Danru Hadi Siswoyo, barang bukti kayu illegal akan ditempatkan ke Mapolsek Tegaldlimo. “Hasil koordinasi dengan kepolisian sepakat diamankan di TPK Gaul,” ujar Danru Polhutmob Perhutani itu.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin melalui Kapolsek Tegaldlimo AKP Priyono menjelaskan hasil penghitungan barang bukti kayu illegal.

Baca: Polisi Tahan Supir dan Bos Pengepul Kayu Illegal Tegaldlimo, Ada Kerugian Negara

“Rinciannya, sebanyak 325 potongan kayu rimba illegal jenis ketangi dan gempol, panjang 60 cm – 70 cm diameter 15 cm – 30 cm, jumlah kubikasi 21M³. Total kerugian Rp 13.700.000,” jelas Kapolsek Tegaldlimo.

Anggota Reskrim terus melengkapi data perkara di TKP lahan Perhutani.

AKP Priyono juga menerangkan kronologis kasus ini. Awal petugas Polhutmob KPH Banyuwangi Selatan patroli dipimpin oleh Danru.

Dalam perjalanan, petugas patroli mendapat informasi dari masyarakat. Setelah di cek benar. Danru menghubungi Reskrim Polsek Tegaldlimo untuk penggerebekan kayu yang di duga hasil curian di lahan Perhutani.

Baca: Tumpas Narkoba Semeru 2020, Polresta Banyuwangi Tangkap 55 Pemakai dan Pengedar

Tepatnya di petak 96.E RPH Tegalsari BKPH Curahjati KPH Banyuwangi Selatan, tepatnya di Dusun Paluagung Desa Kendalrejo, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi.

Petugas mengamankan supir truk. Saat di cek suratnya, ternyata tidak ada. Iapun mengaku hanya disuruh pengusaha pembuatan kotak buah.

Baca: Polisi Tetapkan Supir Truk Tersangka Sedang Pemilik Kayu Jati DPO

Akhirnya Danru Polhutmob KPH Banyuwangi Selatan melapor dugaan tindak pidana ke Polsek Tegaldlimo. Bersangkutan menyerahkan tersangka dan barang bukti guna proses hukum lebih lanjut.

Kedua tersangka sudah di tahan. Mereka dijerat perkara tindak pidana, mengangkut, menguasai atau memiliki hasil hutan yang tidak dilengkapi dengan surat keterangan sahnya hasil hutan sebagaimana dimaksud pasal 83 huruf B Jo pasal 12 huruf E UU. RI Nomor 18 Tahun 2013 tentang Kehutanan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca