Monday, September 21, 2020
Home BERITA Otoritas Pelabuhan Panarukan Bagi-bagi Surat Kapal Gratis

Otoritas Pelabuhan Panarukan Bagi-bagi Surat Kapal Gratis

- Advertisement -

KabarRakyat.ID – Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV, Panarukan, Situbondo, Jawa Timur buka gerai untuk memberikan surat kapal-kapal nelayan secara gratis.

Total, kurang lebih ada tiga ratus kapal nelayan yang mendaftar. Yang sudah selesai, baru 56 surat kapal yang selesai diberikan secara gratis. Kedepanya surat keterangan kecakapan SKK juga akan diberikan secara gratis, pula.

Capt. Miftahul Hadi, Kepala Kantor KSOP Kelas IV, Panarukan menyampaikan, penerbitan surat pas kecil ini untuk para nelayan dengan kapal dibawah Gross Tonnage/GT 7.

“Surat pas kecil diberikan agar para nelayan dengan aman dan dilengkapi surat-surat kapalnya. Diperkirakan ada seribu kapal di perairan Situbondo. Tapi baru tiga ratus nelayan mendaftarkan kapal-kapalnya,” kata Capt. Miftahul Hadi, Rabu (12/2/2020).

Pelabuhan Panarukan (2)

Dan Kantor KSOP Kelas IV, Panarukan, imbuhnya, sudah menyelesaikan sebanyak 56 surat pas kecil dan sudah diberikan kepada nelayan secara gratis dengan melalui mekanisme pengukuran kapal dan mesin kapal, yang sudah diuji oleh petugas.

Ditegaskan, Pendaftaran Surat Kapal Gratis, ini, akan berakhir hingga tanggal 14 Februari 2020. Bagi nelayan yang belum mendaftar kapal-kapalnya untuk segera mendaftarkan. Karena nantinya akan dilakukan penertiban oleh pihak terkait, yaitu Otorias Laut, Kamla Polairut dan Kesyahbandaran.

“Nantinya jika nelayan kedapatan tidak memiliki pas kecil dan petugas akan menindak dari tindakan teguran dan tindakan penilangan, serta akan tidak memberikan ijin untuk berlayar,” tegasnya.

Ditambahkan, Capt. Miftahul Hadi, bahwa penerbitan surat pas kecil gratis ini diberikan untuk memberikan edukasi kepada nelayan untuk tertib administrasi.

Reporter: Yons

Editor: Choiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER