Dandim 0825 Banyuwangi Cegah Bencana Lewat Budidaya Tanam Rumput Vetiver

  • Whatsapp

KabarRakyat.ID – Kegiatan penanaman rumput vetiver yang dilakukan oleh Dandim 0825 Banyuwangi di Desa Kebondalem, Kecamatan Bangorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, (20/2).

Dalam sambutannya, Dandim 0825 Banyuwangi, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, S.I.P, menyampaikan terima kasih kepada para pihak yang turut hadir undangan yang telah hadir di tempat ini, kegiatan penanaman rumput vetiver di lokasi aliran sungai Desa Kebondalem Kecamatan Bangorejo dan Kecamatan Tegalsari.

Read More

banner 645x400

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk usaha untuk melestarikan lingkungan di lahan yang kritis atau lahan yang mudah longsor, karena rumput Vetifer ini sifat akarnya bisa mencapai kedalaman 2 hingga 3 meter.

Rumput Vetiver adalah jenis tanaman yang dikenal dengan nama akar wangi atau narwastu, tanaman ini adalah sejenis rumput yang berasal dari India tumbuhan ini termasuk dalam famili Poaceae dan masih sekeluarga dengan sereh atau padi, rumput Vetiver menjadi pilihan terbaik untuk ditanam di lahan daerah aliran sungai maupun lokasi hutan yang gundul.

Degradasi daerah aliran sungai ditandai semakin meluasnya lahan kritis erosi yang digunakan untuk peruntukan lain yang berdampak luas terhadap lingkungan antara lain terjadinya tanah longsor maupun banjir,

Semua itu diakibatkan dari kurang efektifnya pengelolaan daerah aliran sungai terutama karena tidak adanya keterpaduan, tindakan upaya yang dilakukan oleh berbagai sektor, instansi, atau pihak yang berkepentingan dengan daerah aliran sungai.

Dengan fenomena tersebut beberapa upaya yang dilakukan untuk memulihkan daerah aliran sungai yaitu dengan menanam rumput vetiver, karena vetiver merupakan pencegah longsor terbaik dan penghalang terhadap aliran permukaan dan erosi, serta sudah mendapat pengakuan Word Bank bahkan PBB.

Himbauan dan perintah dari Bapak Ir. H. Joko Widodo (Presiden RI) untuk menggalakkan penanaman Vetiver yang saat ini akan kita laksanakan bersama sama dengan slogan ‘Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita’.

“Saya mengharap dan menghimbau kepada seluruh yang hadir dan masyarakat untuk selalu merawat dan menjaga tanaman rumput vetiver yang sudah kita tanam dan membudayakan menanam rumput vetiver, karena merupakan salah satu upaya dalam pencegahan bahaya longsor serta harus memiliki kepekaan dan simpati terhadap alam dan lingkungan sekitar kita,” pungkasnya.

Reporter: Jaenudin

Editor: Choiri

Related posts

banner 645x400
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *