51 Kades Terpilih Bakal Dilantik Pertengahan Desember 2017

  • Whatsapp
51 Kades Terpilih Bakal Dilantik Pertengahan Desember 2017
51 Kades Terpilih Bakal Dilantik Pertengahan Desember 2017

BANYUWANGI – Kepala Desa terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 51 Desa di kabupaten Banyuwangi, 8 Noperber 2017 lalu, saat ini masih menunggu proses penetapan oleh Panitia Pilkades dan laporan Badan Permusywaratan Desa (BPD) mengenai nama Kades terpilih kepada Bupati Banyuwangi, untuk dilantik.
Kepala Bagian Tata Pemerintahan Desa, Setda Kabupaten Banyuwangi, Abdul Azis Hamidi selaku Sekretaris Panitia Pilkades tingkat kabupaten mengatakan, sesuai dengan Peraturan Daerah No. 15 Tahun 2017 tentang Pedoman Pemilihan, Pengangkatan,Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa.
Pelantikan Kepala Desa terpilih dilantik paling lambat 30 (tiga puluh) hari, setelah diterbitkannya Surat Keputusan (SK) Bupati Banyuwangi tentang pengesahan dan pengangkatan Kepala Desa.
“ Jika tidak ada persoalan, sesuai mekanisme, tujuh hari setelah pemungutan suara, Panitia Pilkades melaporkan nama Kades terpilih kepada Badan Permusyawaratan Desa, dan tujuh hari berikutnya BPD melaporkan Kades terpilih kepada Bupati Banyuwangi,” ucap Abdul Azis Hamidi saat dikonfirmasi Beritarakyat.id, Selasa (15/11/2017).
Menurut mantan Camat Banyuwangi Kota ini, pelaksanaan Pilkades Serentak di Banyuwangi berjalan cukup lancar dan aman. Dan hingga saat ini tidak ada satupun calon Kepala Desa tidak terpilih melakukan gugatan keberatan hasil pemungutan suara kepada Panitia pilkades tingkat kabupaten. Maka diperkirakan pertengahan bulan Desember 2017, 51 Kades terpilih akan dilantik.
“ Pertengahan bulan Desember 2017,maksimal pelantikan Kades terpilih dilaksanakan,” ucap Abdul Azis Hamidi.
Selanjutnya untuk anggaran pelantikan Kades terpilih hasil Pilkades Serentak 2017, telah dialokasikan pada APBD tahun 2017, bukan mengunakan anggaran PIlkades yang telah dihibahkan kepada Panitia Pilkades tingkat desa.

Reporter : Hariyadi

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *