Thursday, October 22, 2020
Home JATIM BANYUWANGI 7 Anggota Brigade Penolong 13.10 Pramuka Kwarcab Banyuwangi Dikukuhkan

7 Anggota Brigade Penolong 13.10 Pramuka Kwarcab Banyuwangi Dikukuhkan

REPORTERYusuf 77
- Advertisement -

KABAR RAKYAT – Pelantikan 7 personil anggota baru Brigade Penolong (BP) 13.10 Gerakan Pramuka Kwatir Cabang (Kwarcab) Banyuwangi dikuhuhkan, Pinus Camp 2, Wisata Pinus Songgon, Minggu (31/8/2020).

BP 13.10 bagian dari Pramuka Kwarcab Banyuwangi di bawah Koordinasi Andalan Cabang Urusan Pramuka Peduli, yang berfungsi sebagai relawan kebencanaan yang di bekali keterampilan Rescue.

Kegiatan anggota BP 13.10 diharapkan mampu membantu dalam kejadian kebencaan pada semua sektor.

“Untuk menunjang hal tersebut, anggota BP 13.10 wajib mengikuti Pelatihan selama 20 hari baik teori maupun praktek langsung. Di akhir pelatihan merekan akan diminta mengimplementasikan apa yang sudah diterima,” ungkap Ketua BP 13.10 Dedy Darmawan.

Sebelum pengukuhan para satuan Bigade penolong BP,13.10 Banyuwangi telah mengikuti beberapa tahapan dan pembinaan pembekalan serius oleh dewan pembina di pinus Camp – Wisata pinus songgon mulai selama 2 hari mulai Sabtu – Minggu, 29-30 Agustus.

Dijelaskan Dedy, untuk calon anggota BP. 13.10 wajib mengikuti seleksi dan tahapan yang telah menjadi kewajiban sebelum dinyatakan lolos sebagai anggota BP. 13,10 Banyuwangi.

Prosesi Pengukuhan

Pertama, calon anggota setelah mendaftar wajib mengikuti pelatihan selama 20 kali pertemuan mempelajari teori dan praktek terkait kebencanaan, penangan pasca bencana. Kedua, calon anggota malakukan lintas medan dengan menyelesaikan beberapa game dan rintangan.

Selanjutnya, ketiga, Peserta juga di minta membuat DU darurat untuk kepentingan kegiatan. Keempat, uji diskusi terkait materi yg sdh pernah diterima saat pembekalan sampai akhir.

“Diharapkan ilmu yang diperoleh selamat pelatihan dapat bermanfaat untuk diri sendiri dan masyarakat,Pergunakan kemampuan yang dimiliki,untuk membantu sesama dimanapun kita berada,” jelas Dedy.

“Teruslah berlatih dan tingkatkan kemampuan diri,Jaga rasa persuadaraan dan komunikasi yg baik antar anggota BP 13.10 dan dgn seluruh anggota pramuka” pungkas Dedy usai pengukuhan anggota BP.13.10 Bwi.

Turut hadir dalam kegiatan pengukuhan anggota Brigade Penolong BP.13.10 Dewan Pembina Pramuka Kwarcab Banyuwangi, Ketua BP 13.10 Dedy Darmawan), Wakil Ketua BP 13.10 Hadi S, Sekretaris BP. 13.10 Imam M, Bidang Diklat Subiyat, Ketua Dewan Kehormatan Pramuka Kwarcab Banyuwangi, Yos sumiyatno.

Markas Brigade Penolong Banyuwangi (BP.13.10 ) beralamat di Jl. Wijaya Kusuma 107 Banyuwangi, Ketua Majelis Majelis Pembimbing Kwarcab Pramuka Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas dan Ketua Pramuka Kwarcab Banyuwangi, Yusuf Widiyatmoko.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER