7 Poin Kesepakatan Damai PSHT Dan Warga Sukorejo

  • Whatsapp
Perusakan rumah oleh massa oknum warga PSHT (1)
BB, Perusakan rumah oleh massa oknum warga PSHT

KabarRakyat.ID – Kerusuhan antara Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dengan warga Desa Sukorejo, Kecamatan Bangorejo, akhirnya berakhir. Kedua belah pihak sepakat berdamai.

Jalur perdamaian ini disepakati setelah adanya pertemuan yang digelar Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi tersebut dihadiri mediator PCNU Ahmad Rifai Ketua PSHT Cabang Banyuwangi Sudarko, Perangkat Desa Sukorejo, di Mapolres Banyuwangi, Kamis (15/8/2019).

Read More

Berikut 7 poin kesepakatan perjanjian damai dari kedua belah pihak,
1. Kedua belah pihak sepakat memberi judul perjanjian perdamaian ini “Banyuwangi Rukun, Indonesia Damai”.
2. Kedua belah pihak sepakat saling meminta maaf dan saling memaafkan atas insiden kekerasan dan atau pengerusakan yang diduga dilakukan oleh anggota PSHT Banyuwangi dengan warga Desa Sukorejo.
3. Kedua belah pihak sepakat demi asas kemanfaatan hukum, untuk tidak saling melaporkan atau mengadukan atau menuntut secara hukum baik pidana ataupun perdata, dan mencabut laporan, atau pengaduan yang sudah masuk di Kepolisian.
4. Kedua belah pihak sepakat untuk membina dan atau mengkondisikan anggota dan atau warga masing-masing untuk menahan diri dari tindakan yang dapat memancing keributan antara kedua belah pihak, misalnya konvoi yang tidak tertib, kekerasan dan atau pengerusakan dan atau tindakan melanggar hukum lainnya.
5. Kedua belah pihak sepakat untuk secara gotong royong membantu korban atas kerugian yang dialami akibat insiden kekerasan dan atau pengerusakan dalam waktu dan tempo yang sesingkat-singkatnya.
6. Kedua belah pihak sepakat untuk saling menahan diri memberikan statemen atau peryataan di media sosial dan atau media lainnya yang dapat memicu kesalahpahaman.
7. Kedua belah pihak sepakat apabila ada perselisihan dikemudian hari maka akan diselesaikan secara musyawarah mufakat.

Reporter : Fattahur

Editor : Choiri

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *