74 Desa di Bondowoso Belum Salurkan BLT DD Tahap Pertama

  • Whatsapp
Penyaluran BLT DD di Bondowoso

KABAR RAKYAT – Sebanyak 74 desa dari total 209 desa di Kabupaten Bondowoso, belum mencairkan anggaran Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT-DD) tahap pertama.

Data yang dihimpun, ada 5 kecamatan yang semua desanya belum menyalurkan BLT DD. Yakni Kecamatan Grujugan 11 Desa, Tegalampel 7 desa, Cermee 15 desa, Binakal 8 desa dan Jambesari DS 9 desa.

Read More

Sementara 24 desa yang belum mencairkan, tersebar di beberapa kecamatan, yang pencairannya belum 100 persen.

Pic BLT DD Kabupaten Bondowoso, Abdul Gafur Bakri mengatakan, 74 desa tersebut belum menyalurkan BLT DD, disebabkan beberapa hal.

” Sebagian desa belum melaksanakan Musdes khusus, validasi data calon penerima pemanfaat sangat dinamis,dari Kemensos,” katanya Rabu (27/5/2020).

Untuk menghidari double accounting, ada yang merombak total daftar calon penerima manfaat BLT-DD. Serta ada pula yang merombak sebagian.

Selain itu, lanjut dia, masalah yang hampir menyeluruh adalah realisasi DD Tahap I sudah salur sejak semester pertama tahun anggaran 2020.

“Sehingga di kebanyakan desa sudah terealisasi semuanya, praktis desa-desa tersebut masih menunggu pencairan DD Tahap II dari Rekening Kas Umum Negara melalui KPPN untuk salurkan BLT DD tahap pertama,” jelasnya.

Menurutnya, dengan relaksasi kebijakan pemerintah pusat melalui PMK nomor 50/PMK.07/2020 perubahan kedua atas PMK 205/PMK.07/2020 terdapat klausul penghapusan persyaratan penyaluran DD Tahap II.

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *