BPD Minta DPRD Desak Perbup Untuk PTSL

  • Whatsapp

Perwakilan BPD menyampaikan aspirasi ke DPRD (ft. Ist)

KABARRAKYAT.ID, BANYUWANGI – 8 Orang, mengaku sebagai perwakilan Asosiasi Badan Pemberdayaan Desa (BPD) menyampaikan aspirasi dihadapan Ketua DPRD Banyuwangi I Made Cahyana Negara dan Ketua Komisi 1 (satu) Ficky Septalinda terkait permasalahan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) yang dianggap program pemerintah pro rakyat.

Bacaan Lainnya

Mereka usai bertemu Pimpinan DPRD dan Ketua Komisi 1, salah satu Rudi Hartono Latif dari BPD Genteng Kulon mengatakan Program populis presiden ini sangat ditunggu warga, tapi pelaksanaannya terhambat peraturan bupati yang belum ada.

Baca juga :

550 Warga Songgon Peserta PTSL Terima Sertifikat Hak Milik

Enggan Ambil Program Pertanahan, Kades Takut Tersangkut Hukum

“Kami perwakilan BPD dan perwakilan kepala desa di Banyuwangi untuk segera dibuatkan payung hukum. Minimal peraturan bupatu,” kata Rudi di DPRD, Senin (1/4/2018).

Lebih jauh Rudi menyampaikan tentang ada cantolan hukum berupa penetapan harga yg diamanatkan SKB 3 Menteri yaitu Rp. 150 rb per bidang, yang harus ditepati.

Selanjutnya, kalau masih ada kepala desa yang merasa keberatan, berarti dia mencerabut hak rakyat dan sekaligus menghambat program pemerintah.
“Maka silakan saja Kades yg menolak itu gentle menolak, jangan mempengaruhi yg lainnya dg berbagai alasan. Biar mereka berhadapan dengan rakyatnya masing-masing.
Dan desa-desa lainnya yang mau menjalankan program ini masih sangat banyak,” ungkap Rudi.

Sementara, Ketua DPRD Made Cahyana Negara dan Ketua Komisi l Vicky Septalinda pada sejumlah wartawan, tegas menyatakan, pemerintah daerah Kabupaten Banyuwangi harus segera menyukseskan program ini dengan menerbitkan Perbup. “Bagi kades yang tidak mau, silakan menjelaskan dan bertanggungjawab kepada rakyatnya. Sekarang ini era-nya kerja ikhlas pro rakyat, bukan jamannya lagi melayani dg biaya yg mahal,” kata Cahyana Negara.

Reporter/Editor : Coi/Choiri

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *