9 Langkah Fisik Hindari Virus Corona, dari Berhenti Mengusap Wajah hingga Menggunakan Pena

  • Whatsapp
3984036629
ILUSTRASI masker. //pexels/Anna Shvets

 

Kabar Rakyat – Virus corona telah menyebar ke hampir 70 negara di seluruh dunia. Agar penyebaran tak semakin bertambah, dunia kesehatan juga ikut berlomba untuk menghentikannya.

Read More

Sementara itu, banyak pula orang-orang yang tak menyadari bahwa mereka sedang terjangkit virus corona lalu menjalani hari seperti biasa hingga akhirnya mereka didiagnosis.

Infeksi yang menyebar cepat juga terbukti sulit diatasi oleh para ahli.

Untuk menghindari infeksi virus yang menyebabkan penyakit dari COVID-19 ini menurut para ilmuwan mungkin sesederhana menerapkan kebersihan yang baik dalam keseharian.

Hal tersebut dilakukan untuk menghilangkan bakteri sebanyak mungkin.

WHO juga memberikan saran agar orang-orang mencuci tangan mereka setidaknya lima kali dalam sehari dengan sabun pembersih atau pembersih tangan. Gesekan, menurut para ahli adalah kunci untuk menghilangkan tanda-tanda infeksi.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Daily Mail, mengungkapkan beberapa langkah fisik yang dapat diambil untuk menghindari virus corona COVID-10 berikut ini.

  1. Cuci tangan dengan benar menggunakan sabun dan air panas

Baca Juga: Usai 2 Warga Depok Dinyatakan Positif Corona, Garut Tingkatkan Kesiagaan Salah Satunya Penyediaan Antiseptik di Tempat Umum dan Kantor Dinas

Metode cuci tangan World Health Organization (WHO) memiliki enam langkah berbeda yang harus diikuti bila ingin mencuci tangan.

Setiap orang juga sebaiknya harus membersihkan tangan setelah batuk atau bersin, saat merawat orang sakit, sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan atau minuman.

Setelah pergi ke toilet dan menangani hewan juga sebaiknya mencuci tangan dengan bersih.

“Tangan menyentuh banyak permukaan dan dapat mengambil virus,” ujar WHO dalam saran resminya.

  1. Hindari pelukan dan jabat tangan

Pemerintah Prancis mendesak agar masyarakat menghindari ‘la bise’ atau dapat pula berarti sapaan tradisional mencium seseorang di kedua pipi dan tidak berjabat tangan terlebih dahulu untuk menghindari virus.

Ditambah, Menteri Kesehatan bernama Olivier Veran juga mengatakan seseorang harus menghindari kontak fisik untuk saat ini.

“Disarankan mengurangi kontak sosial yang bersifat fisik,” ujarnya.

Hal tersebut juga segera dilakukan ketika menteri dalam negeri Jerman pada hari ini menolak untuk berjabat tangan dengan Angela Merkel.

  1. Jangan menyentuh gagang pintu dan pegangan tangan

Para ahli mengatakan cara paling umum penyebaran virus corona diperkirakan adalah dengan menyentuh permukaan yang telah terkontaminasi oleh pasien yang terinfeksi.

Ini bekerja oleh seseorang yang menderita penyakit batuk atau bersin di tangan mereka, lalu menyentuh permukaan sementara mereka memiliki virus di tangan mereka.

  1. Gunakan pena untuk menekan sesuatu

Profesor Kampf mengatakan bahwa lift adalah tempat yang sangat beresiko karena semua orang terjebak menghirup udara yang sama dan harus menekan tombol sama pula.

Salah satu tipsnya, dengan menekan tombol tersebut menggunakan sesuatu seperti pena agar jari tak menyentuh langsung.

  1. Berhati-hati dengan apa yang disentuh di toilet umum

Selain menampung banyak bakteri, toilet juga menjadi tempat umum dengan risiko tinggi. Maka berhati-hatilah ketika akan menyentuh sesuatu di sana.

  1. Berhenti menyentuh wajah

Menurut Alistrair Miles, seorang peneliti Universitas Oxford, setiap orang harus berhenti menyentuh wajah mereka.

Sebab virus bertahan hidup di permukaan dan diambil oleh orang berikutnya dengan menyentuhnya. Biasanya dengan menyentuh wajah dapat mentransfer virus ke mulut, mata, dan hidung lalu masuk ke dalam tubuh.

  1. Hindari pertemuan besar

Tak ada salahnya mengambil jarak sosial dengan menghindari pertemuan besar untuk saat ini.

  1. Jangan berbagi handuk dengan orang lain

Gunakan handuk untuk diri sendiri tanpa meminjamkannya untuk orang lain agar mengurangi kemungkinan virus menyebar.

  1. Gunakan tisu bila batuk

Setiap orang juga harus menutup mulut menggunakan tisu bila batuk atau bersin. Dapat pula menggunaka siku tangan bila tak memungkinkan mengambil tisu.***

Editor: Choiri

Sumber: PikiranRakyat.Com

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *