Abu Vulkanik Gunung Bromo Mengganggu

178 views
banner 468x60)
abu bromo

Foto : Tebaran abu gunung Bromo mulai mengancam aktifitas warga di Sukapura, Kamis (14/3/3/2019).

Siswa Sekolah PGRI Minta BPBD Kirim Masker

KABARRAKYAT.ID Erupsi gunung Bromo yang menebarkan abu vulkanik menyebabkan beberapa Desa Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur,  terganggu. Hal ini sangat dirasakan sejumlah siswa sekolah yang sejak Kamis pagi (14/3/2019), merasakan dampak sebaran abu Bromo.

Keluhan abu gunung Bromo sudah dirasakan beberapa hari terakhir sejak status bromo mengeluarkan material abu dan gas. Daerah terdampak Kecamatan Sukapura meliputi Desa Jetak, Ngadisari, Wonotoro, Ngadas, Wonokerto sejak dua hari terakhir mulai di guyur hujan abu vulkanik. Selain mengancam tanaman petani abu vulkanik juga melalui mengganggu aktifitas masyarakat di lereng Bromo.

Yang cukup dirasakan mengganggu yakni aktifitas siswa sekolah di 5 Desa tersebut. Kondisi ini diakui oleh Pengurus PGRI Kecamatan Sukapura Sutono yang mendapat keluhan para kepala sekolah.

Baca juga:

“Mulai kemarin pagi kita sudah mendapat pengaduan kalau hujan abu. Para guru dan siswa mengaku sudah terganggu akibat tebaran abu vulkanik tersebut. Hari ini beberapa kepala sekolah di Ngadisari,Ngadas,Jetak,Wonotoro dan Wonokerto meminta bantuan masker untuk siswa. Soal ini kami mohon dukungan BPBD dan pihak-pihak lain yang memiliki stok masker untuk kami bagikan kepada siswa-siswa tersebut,”ungkap Sutono,Kamis (14/3/2019).

Terkait keluhan siswa sekolah daerah terdampak abu vulkanik Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Ir. Anggit Hermanuadi saat dikonfirmasi mengaku sudah menindaklajuti laporan Pengurus PGRI Sukapura.

“ Setelah mendengar pengaduan kepala sekolah di Sukapura tim URC telah mengirim kebutuhan masker ke pengurus PGRI untuk dibagikan kepada siswa sekolah di Sukapura. Harapan kami masker digunakan untuk aktifitas di luar rumah khususnya siswa sekolah,” kata Anggit Hermanuadi.

Berapa jumlah masker yang dibagikan ke siswa di Sukapura Anggit mengatakan akan disesuaikan kebutuhan di lapangan. Penggunaan masker di wilayah terdampak abu vulkanik Bromo penting untuk menjaga kesehatan. Disisi lain abu vulkanik dampat mengganggu system pernafasan memicu sesak nafas dan iritasi.

Reporter : Richard

Editor : Choiri

banner 468x60)

#Erupsi Bromo #Sukapura hujan abu #Siswa sekolah #PGRI minta bantuan masker

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply