Liburan Ke Air Terjun Kalipedati Keindahan Yang Masih Perawan

131 views
Kalipedati wisata alam Kabupaten Probolinggo

Foto : Penari putri Rengganis belatar belakang air terjun Kalipedati, Krucil –  Probolinggo.

KabarRakyat.ID –Di saat kita libur dari aktifitas rutin pasti terbersit kapan kita hangout ke lokasi wisata alam. Gini bro !! ada sedikit bocoran, dimana lokasi wisatawan menarik di Kabupaten Probolinggo selain gunung Bromo, Madakalipura  tentu ada yang masih perawan ?

Jika libur gunakan untuk merileksasi pikiran anda. So pasti cara ini baik untuk keluar dari stress atas rutinitas keseharian kita. Baru-baru ini kami penasaran dengan air terjun Kalipedati, terletak di Desa Kalianan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.  Awalnya kami diundang komunitas pencita alam yang kini tergabung dalam Federasi Panjat Tebing Indoensia . Mereka mengajak untuk menyaksikan aksi panjat tebing dalam rangka HUT RI ke 74.

Awalnya sempat tidak tertarik. Namun begitu menyebut di lokasi itu ada air terjun setinggi lebih kurang 100 meter. Pikiran penasaran serasa tidak bisa menolak ajakan teman itu. Berbekal motor jadul, kami bersama rekan-rekan lain nekat menuju ke lokasi air terjun tersebut. Adventure kecil-kecilan lah kami berangkat menuju arah Kecamatan Krucil dari Kraksaan Probolinggo.

Baca juga:

Kondisi jalan yang masih banyak yang berlubang mengiringi perjalan kami. Naik turun bukit pun menjadi perjalanan penuh tantangan. Kondisi jalan berbatu memasuki Desa Kalianan ,Krucil membutuhkan kewaspadaan dan motor harus siap menghadapi tanjakan. Tidak jauh dari jalan dari pertigaan menuju kantor Kecamatan Krucil. Butuh waktu satu jam kita sudah sampai ke lokasi.

Eiitt tunggu dulu. Pendangan pegunungan lereng Argopuro menjadi penyemangat kita menuju lokasi air terjun Kalipedati. Tanaman kopi dan kehidupan masyarakat yang mengandalkan usaha ternak sapi perahan bagian dari perjalanan kita. Udara segar dan sedikit dingin melegakan pernafasan. Menurut warga belum banyak orang dari luar mengetahui keindahan air terjun Kalipedati.

Motor kami titipkan di rumah warga di kampong paling ujung. Persisnya saat memasuki kawasan hutan KRPH Krucil. Kebun kopi yang ditanaman secara tradional tepatnya tidak terawat menjadi lintasan kami berjalan kaki. Aliran sungai Kalipedati penanda kita hamper dekat dengan air terjun.

Ketika kami menanyakan kepada warga setempat jarak air terjun. “ Oh dekat setelah punggung bukit sampai,” katanya. Lataran tidak tahu kami dan teman-teman pun bermuka masam. Maklum, kami bukan anak gunung. Nafas kami ngos-ngosan dan jalan sudah gontai menjadi kelucuan sepanjang perjalanan.

pengunjung Kalipedati wisata probolinggo

Pengunjung di Kalipedati wisata Kabupaten Probolinggo

Benar juga sesampai di balik bukit kita langsung disajikan pemandangan yang benar-benar eksotik. Dinding bebatuan yang menjulang ke langit sungguh pemandangan yang indah. Muntahan air jernih dan dingin tercurah dari atas ketinggian tebing. Saking beningnya, air aqua pun lewat broo.

Warga yang ada digubuk kecil tak jauh dari air terjun menawari kami minum air legen dari pohon nira. Menggunakan gelas dari potongan bambu jenis tali sungguh nikmat melepas rasa dahaga.

Susana sejuk dan suara derasnya air terjun Kalipedati menambah harmoni alam yang menenangkan hati. Di bawah air terjun hamparan batu hitam menambah keindahan tersendiri. Pokoknya bikin pikiran kita lepas dari beban rutinitas.untuk mencapai kawasan air terjun Kalipedati tidak butuh ongkos mahal. Semuanya masih dalam kondisi super alami.

Khabarnya Dinas Pariwisata akan mempromosikan kawasan ini sebagai obyek wisata andalan Kabupaten Probolinggo. Dan tentu jika ini bisa terealisasikan akan mendorong mikro usaha kecil di Desa Kalianan,Kecamatan Krucil. Di daerah ini dikenal memiliki kemajuan sector ternak sapi perah, kopi yang sudah dikenal luas dan ada obyek lain di wilayah Bremi yang tidak kalah dengan gunung Bromo. Susana gunung Argupro membuat pandangan kita rileks. Sayangnya, infrastruktur jalan raya belum sepenuhnya digarap oleh Pemkab Probolinggo. Kondisi ini yang membuat wisatawan enggak menuju Krucil dan sekitarnya.

Reporter : Richard

Editor : Choiri

#Air terjun Kalipedati Probolinggo #wisata air terjun masih perawan #obyek wisata alam murah meriah #Gunung Bromo #paket wisata #Tujuan wisata di Probolinggo #pencinta kopi

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply