Aksi Tolak Tambang Tumpang Pitu Mampir ke Museum Probolinggo

  • Whatsapp
Warga Pancer, aksi bersepeda menolak tambang emas mampir di Museum Kota Probolinggo
Aksi warga pancer bersepeda ke gubernuran, menyempatkan mampir di Museum Kota Probolinggo.

KabarRakyat.ID – Aksi warga tolak Tambang Emas Tumpang Pitu asal Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur  mampir ke Museum Kota Probolinggo, Senin (17/2/2020). Aksi puluhan warga membawa 6 sepeda gayuh sempat disambut organisasi kampus PMII.

Aksi memperjuangkan penolak tambang emas di Tumpang Pitu, Salakan terus berlanjut. Warga yang getol menolak aktifitas pertambangan sesuai rencana akan menemui gubernur Jawa Timur,  yang tergabung dalam kelompok warga tolak perluasan tambang emas Gunung Tumpang Pitu, Salakan kembali melanjutkan perjalanan ke kantor Gubernur Jawa Timur di Surabaya.

Read More

banner 645x400

” Kami akan ke Surabaya menyampaikan aspirasi untuk menolak aktifitas tambang emas ke Gubernur. Sejak ada tambang tangkapan ikan nelayan menurun,” ungkap Siwi Lestari yang ikut dalam aksi sepeda gayuh ke Surabaya, Senin (17/2/2020).

Aksi warga Dusun Pancer ini sebelumnya juga mampir di Lumajang untuk bermalam dan melanjutkan menuju Probolinggo, Pasuruan dan berakhir di kantor Gubernur di Surabaya. Yang menarik aksi warga ini juga mendapat dukungan aktifis Wahana Lingkungan Hidup ( Walhi).

Saat sampai di Kota Probolinggo, mereka sempat mampir di Museum untuk istirahat makan siang. Aksi warga Pancer, Banyuwangi ini disambut oleh aktifis mahasiswa dari  PMII, Probolinggo. Selain itu sempat mendatangi gedung wartawan di Museum.

Mereka mengungkapkan terkait tuntutan pencabutan izin tambang emas di Tumpangpitu dan Salakan. Rombongan tidak kurang 30 orang membawa 6 sepeda gayuh, 2 mobil pick up , 1 minibus dan beberapa motor. Rombongan ini meninggalakan Museum Probolinggo sekitar pukul 13.30 menuju Pasuruan.

Reporter  : Richard

Editor: Rony DE

Related posts

banner 645x400
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *