Senin, Januari 18, 2021
Beranda JATIM Aktifitas Guguran Lava Gunung Semeru Masih Berlangsung

Aktifitas Guguran Lava Gunung Semeru Masih Berlangsung

REPORTERUlum

Kondisi gunung Semeru terekam Jumat pagi(4/12/2020). (ft.PVMBG)

KABAR RAKYAT – Guguran lava pijar gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, masih berlangsung. Berdasarkan pengamatan pos pantau PVMBG di gunung Sawur, terjadi 10 kali guguran lava berjarak 50- 750 meter dari ujung lidah lava ke arah aliran Besuk kobokan (ujung lidah lava kl. 250 m dari puncak), Jumat (4/12/2020).

Aktifitas erupsi gunung Semeru masih terjadi sejak Kamis sore hingga Jumat pagi. Bahkan, guguran lava pijar sempat terjadi 10 kali dengan jarak hingga 50- 750 meter.
Pos pantau PVMBG mencatat ada 7 letusan sejak Kamis malam hingga Jumat pagi (4/12/2020). Sejauh ini status gunung Semeru masih waspada level II. Namun begitu, masyarakat/pengunjung/wisatawan tidak beraktivitas dalam radius 1 Km dari kawah/puncak G. Semeru dan jarak 4 Km arah bukaan kawah di sektor selatan-tenggara, serta mewaspadai awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak G. Semeru. Radius dan jarak rekomendasi ini akan dievaluasi terus untuk antisipasi jika terjadi gejala perubahan ancaman bahaya.

Petugas PVMBG Mukdas Sofian, A.Md. merekomendasikan agar masyarakat menjauhi atau tidak beraktivitas di area terdampak material awan panas karena saat ini suhunya masih tinggi.. Perlu diwaspadai potensi luncuran di sepanjang lembah jalur awan panas Besuk Kobokan karena wilayah paling berbahaya.

Mewaspadai ancaman lahar di alur sungai/lembah yg berhulu di G. Semeru (mengingat banyaknya material vulkanik yg sudah terbentuk).

EDITORRichard

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca