Akumulator Pemantau Aktifitas Gunung Ijen Kembali Dipasang

  • Whatsapp

Banyuwangi- Akumulator atau aki sebagai alat bantu untuk  yang sebelumnya sekitar tanggal 22 Agustus 2017 hilang karena dicuri, kini akan segera dipasang aki baru.

“Akumulator atau aki yang sempat hilang karena dicuri sudah akan diperbarui dan segera dipasang,” kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Ijen Banyuwangi, Bambang Heri saat ditemui di Paltuding Gunung Ijen, Rabu (8/11).

Seperti diketahui sebelumnya,  sejak 22 Agustus 2017 aki hilang dari beberapa titik yang dipasang di kawasan Gunung Ijen. Tidak tanggung-tanggung, ada 6 aki cctv, 4 repiter multigas, 2 repiter sesmogram. Total aki yang hilang dicuri sejumlah 12 unit.

Diyakini, aki yang sudah terpasang sejak tahun 1986 dan 2011 ini dicuri oleh orang-orang sekitar yang sering berada di kawasan Gunung Ijen. Karena yang tahu persis lokasi keberadaan aki memanglah warga yang tinggal dan beraktifitas di Gunung Ijen. Karena pengunjung-pun tidak mengetahui tempatnya lantaran tempat dan aksesnya sangat susah berada di ketinggian yang sulit dijangkau.

Kedepan, langkah supaya tidak hilang lagi yakni dengan melakukan upaya sosialisasi terhadap pengunjung dan penambang agar bersama-sama bisa menjaga serta tidak mengambil yang bukan miliknya.

Reporter : Fatahur

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *