Saturday, August 15, 2020
Home KAB PROBOLINGGO Ancaman Zona Merah Kembali Terjadi Di Probolinggo

Ancaman Zona Merah Kembali Terjadi Di Probolinggo

Zona hijau di Kabupaten Probolinggo kembali terkoreksi ke zona merah.

KABAR RAKYAT – Sembaran perkembangan Covid -19 kembali mewarnai dua wilayah baik kota/ kabupaten Probolinggo. Ironinya, terjadi setelah Probolinggo dinyatakan zona hijau oleh Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid -19 Kabupaten Probolinggo.

Sejumlah kecamatan yang sebelumnya dinyatakan hijau tanpa terduga statusnya kembali terkoreksi menjadi zona merah. Perubahan dinamis itu dipengaruhi jumlah pasien positip yang bermunculan.

Data terpantau Senin malam (6/7/2020) saat ini di Kabupaten Probolinggo posisinya untuk orang terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (COVID-19) sebanyak 144 orang atau bertambah 3 orang dari sebelumnya sebanyak 141 orang. Dengan dengan keterangan 22 orang masih dirawat dan menjalani isolasi, 117 orang sembuh dan 5 orang meninggal dunia.

Tambahan 3 orang terkonfirmasi positif COVID-19 ini berasal dari Desa Tongas Kulon Kecamatan Tongas, Desa D ringu Kecamatan Dringu dan Desa Laweyan Kecamatan Sumberasih.

Ketiganya mempunyal riwayat kontak erat dengan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sebelumnya yang ada di Kota Probolinggo. Mereka dinyatakan positif berdasarkan hasil pemeriksaan swab positif yang dilakukan di BBTKL Surabaya. Riwayat pasien asal Tongas Kulon, Kacamatan Tongas kontak crat kasus konfirm seorang tenaga medis yang ada di Kota Probolinggo.

Sementara untuk yang dari Desa Dringu Kecamatan Dringu dan Desa Laweyan, Kecamatan Sumberasih ini mempunyai riwayat kontak erat kasus konfirmasi dari KTI Kota Probolinggo.

” Ketiganya masuk dalam Klaster Pelangi karena penularannya terjadi secara horizontal dan tidak jelas sumbernya”, terang juru bicara Gugus Tugas Covid -19 dr.Anang Budi Yoelijanto.

Selanjutnya, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 78 orang atau sama dengan sehari sebelumnya dengan keterangan 7 orang masih diawasi, 49 orang selesai diawasi dan 22 orang meninggal dunia.

Sementara orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 523 orang atau sama dengan sehari sebelumnya dengan keterangan 23 orang dalam pemantauan, 493 orang selesai dipantau dan 7 orang meninggal dunia.

Terkait zona kembali mewarnai beberapa kecamatan di Kabupaten Probolinggo dr.Anang Budi Gugus Tugas Covid -19 meminta masyarakat tetap waspada dan selalu menggunakan masker, patuhi protokol kesehatan dimana saja.

” Ancaman Penularan Covid -19 belum berakhir menjelang new normal. Masyarakat harus wajib protokol kesehatan seraya beraktifitas. Ada berubahan status Zona merah mengikuti hasil tracking yang dilakukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19,” beber dr.Anang Budi Yoelijanto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER