Anggota DPRD Banyuwangi Gelar Paripurna Internal

Pimpinan DPRD sementara1

Ft. Hariyadi/KabarRakyatID

KabarRakyat.ID – Anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi gelar paripurna internal. Agenda pembentukan Fraksi Parpol dan pembahasan tata tertib (Tatib), bertempat di ruang utama, pada Senin (26/8/2019).

Ketua Sementara DPRD, I Made Cahyana Negara, SE, menjelaskan, berdasarkan Pasal 34 ayat (3) Peraturan Pemerintah No. 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tatib DPRD Propinsi, Kabupaten dan Kota. Pimpinan DPRD sementara bertugas memimpin rapat DPRD, memfasilitasi pembentukan fraksi, memfasiltasi  penyusunan peraturan DPRD tentang Tatib, dan memproses penetapan pimpinan definitif.

“Setelah ini, kita minta kepada Partai yang mendapatkan kursi dewan untuk segera mengirim susunan fraksi, kita beri waktu satu hari, “ ucapnya.

Untuk pembentukan fraksi, DPRD  mengacu pada surat dari Parpol, termasuk tentang koaliasi atau gabungan parpol dalam membentuk fraksi, karena pembentukan fraksi minimal beranggotakan empat anggota.

“ Setiap fraksi di DPRD beranggotakan paling sedikit 4 anggota, sama dengan jumlah Komisi di DPRD Banyuwangi, “ jelasnya.

Selanjutnya fraksi terbentuk, DPRD melalui rapat paripurna internal membentuk panitia kerja (Panja) penyusunan peraturan DPRD tentang Tata Tertib Dewan. Anggota Panja berasal dari usulan fraksi-fraksi atau dipilih langsung melalui musyawarah mufakat.

“Keputusan pembentukan Panja nantinya akan dituangkan dalam berita acara hasil paripurna yang ditanda tangani oleh Ketua dan Wakil Ketua sementara,“ ungkap Made Cahyana.

Setidaknya, akan ada 7 (tujuh) Partai Politik yang bisa membentuk fraksi, antara lain PDI-Perjuangan 12 kursi, Partai Kebangkitan Bangsa 9 kursi, Partai Demokrat 6 kursi, Partai Golkar 5 kursi, Partai Gerindra 5 kursi, Partai Nasdem 5 kursi dan Partai Persatuan Pembangunan 4 kursi.

Sedangkan 2 (dua) Parpol , yakni Partai Hanura dan Partai Keadilan Sejahtera masing-masing hanya mendapatkan 2 kursi, sehingga harus bergabung atau melebur ke partai lainnya.

Reporter : Hariyadi

Editor : Setiawan

banner 970x90









Loading...

#DPRD Banyuwangi #Paripurna DPRD #tatib dprd

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply