Antisipasi Penyebaran Corona Dispendukcapil Probolinggo Buka Layanan Online Lewat WhatsApp

  • Whatsapp

Dipendukcapil Probolinggo Buka Layanan Online via aplikasi Whatsapp simak nomor Wa disini.

 

KabarRakyat.ID – Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Probolinggo menyikapi upaya pemerintah dalam pencegahan Covid -19 membuka layanan online sejak tanggal 18 Maret 2020. Layanan via online melalui email atau aplikasi Whatsapp berbentu PDF sebagai solusi terkini.

Kepala Dinas kependudukan Dan Pencatatan Sipil ( Dispendukcapil) Slamet Riyadi,SH, menanggapi surat edaran Bupati terkait status darurat pencegahan Covid -19 di Kabupaten Probolinggo memungkinkan pelayanan masyarakat via online atau aplikasi Media sosial seperti Whatsapp.
Layanan via online menjadi alternatif dalam tindak pencegahan yang tengah ditempuh pemerintah dalam membatasi interaksi orang per orang dalam satuan layanan publik.

” Merujuk edaran bupati dan hasil rapat Satgas Covid -19 Dispendukcapil menempuh pelayanan dengan cara online. Hal ini sesuai misi pemerintah dalam usaha pencegahan penyebaran virus Covid -19,” kata Slamet Riyadi,SH kepada KabarRakyat.ID, Rabu pagi (18/3/2020).

Layanan via online ini dijamin tidak mengurangi proses pelayanan surat dokumen yang diajukan oleh masyarakat. Hanya saja, pemohon pelayannan Dispendukcapil diminta memanfaatkan aplikasi baik melalui Whatsapp atau email format PDF yang sudah banyak dikenal pemilik Hp android.

” Layanan Dispendukcapil mulai hari ini sudah bisa melalui Whatsapp atau email. Pelayanan online ini demi keselamatan dan pencegahan penyebaran Covid -19. Ada layananan darurat tetap dibuka khusus untuk pengurusan BPJS atau layanan yang sifatnya mendesak segera diurus hari itu juga bisa menemui petugas di loket pelayanan”, terang Slamet Riyadi.

Berikut nomor layanan di nomor WhatsApp :
1.KK/KTP : 085258607924
2.SKPWNI/SKTT/SKOT: 085233270398
3. Perkawinan/perceraian : 085230135612
4.Kelahiran : 0852317321721
5.Kematian : 081333580801
6.Perubahan indeks data : 082330245302

Sebelumnya Kepala Satgas Covid -19, menjelaskan, bahwa ketentuan ini bertalian dengan aparatur sipil negara (ASN) dimana atas kondisi darurat pemerintah melalui surat edaran Bupati Probolinggo Hj. Tantriana Sari,SE mengijinkan pegawai ASN mengerjakan tugas admintrasi kedinasan di rumah. Kecuali dibagian pelayanan masyarakat yang dirasa mendesak dan sangat penting segera diambil tindakan.

” istilahnya work at home mengerjakan pekerjaan di rumah sebagai bentuk penecegahan penyebaran virus covid -19 atau mengurangi interaksi dengan orang. Artinya ASN tetap bekerja di rumah sesuai tugas dan kewenangannya. Sementara dalam pemberlakukan ini nantinya ada dievaluas ,” kata Anggit Hermanuadi.

 

Reporter : Richard
Editor      : Choiri



Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *