Sabtu, November 28, 2020
Beranda PERISTIWA Aparat Keamanan Bikin Simpatik Pendemo Anti UU Cipta Kerja

Aparat Keamanan Bikin Simpatik Pendemo Anti UU Cipta Kerja

REPORTERJaenudin

KABAR RAKYAT – DPRD Banyuwangi kembali menjadi target aksi demo mahasiswa tolak UU Cipta Kerja, Senin (26/10/2020). Aksi demo kali ketiga ini juga ditunggangi kelompok Anarko yang mengusung suara anti penindasan.

Mahasiswa Banyuwangi kembali menggelar demo lanjutan. Aksi mengatasnamankan Cipayung berhasil menyampaikan aspirasinya di gedung DPRD secara damai.

Selain aksi mahasiswa, puluhan pemuda kelompok anarko mencoba bergabung dengan mahasiswa namun berhasil dihalau oleh aparat keamanan dari Polresta Banyuwangi didukung TNI.

Baca : DPRD Teruskan Aspirasi Mahasiswa Banyuwangi Tolak UU. Cipta Kerja ke Pusat

Begitu rombongan berjalan di belakang aksi mahasiswa mereka langsung dihentikan polisi. Kelompok anarko sempat digeledah petugas. Belasan orang dari mereka sempat diamankan, lantaran mencoba membuat gaduh. Dua diantaranya ditemukan membawa batu dan petasan.

Ada peristiwa menarik setelah petugas mampu menenangkan kelompok anarko, polisi melakukan aksi simpati. Puluhan nasi kotak dan air minum bahkan es jeruk dibagikan kepada kelompok anti penindasan itu.

Mendapat perhatian petugas kepolisian yang humanis kelompok anarko secara sportif menenangan diri. Sebaliknya, mereka mengucapkan terima kasih dan membubarkan diri secara damai.

Baca : Libur Panjang, Gubernur Khofifah Wanti-Wanti Waspadai Risiko Penularan Covid-19 dan Hidrometeorologi

Bahkan nasi kotak diberikan langsung Kapolresta Banyuwangi Kombes. Pol. Arman Asmara Syarifuddin bersama Wakapolresta Banyuwangi AKBP. Kusumo yang terus mengontrol aksi demo di depan DPRD.

Mendapat perhatian petugas kepolisian yang humanis kelompok anarko secara sportif menenangan diri. Sebaliknya, mereka mengucapkan terima kasih dan membubarkan diri secara damai.

“ Ada dua kelompok demo yang menolak aksi UU Cipta kerja, selain mahasiswa ada kelompok anarko. Nah, kelompok kedua ini yang kami ajak duduk bareng dan bicara baik-baik. Alhamdulillah mereka bisa memahami sikap petugas keamanan,” kata Kombes. Pol. Arman Asmara dihadapan wartawan seusai aksi demo, Senin (26/10/2020).

Baca : Bencana Puting Beliung Menghempas Dua Desa

Sementara itu, kelompok mahasiswa usai melakukan orasi langsung menemui pimpinan DPRD Banyuwangi. Sikap dewan disampaikan anggota DPRD fraksi PDIP, Irianto saat audensi mewakili perwakilan Mahasiswa,di Ruang Khusus DPRD.

Usai audensi, Ketua Komisi I DPRD, Irianto menegaskan aksi demo mahasiswa untuk ketiga kalinya menolak UU. Cipta Kerja bagian aspirasi yang harus disampaikan kepada DPR RI dan Presiden RI.

“Alhamdulillan aksi unjuk rasa teman-teman Mahasiswa hari ini berjalan tertib dan tidak anarkis, Mereka ini kaum intelektual yang bisa memberikan pembelajaran baik kepada masyarakat, sikap DPRD menerima dan akan meneruskan aspirasi itu,“ ucap Irianto dikonfirmasi media.

Baca : Buka Misi Dagang Jatim-NTT, Wagub Emil Tekan Pengayaan Investasi Selain Perdagangan

Ketua GMNI Banyuwangi, Dana Wijaya mengucapkan terimakasih kepada DPRD yang menepati janjinya untuk meneruskan aspirasi mahasiswa secara resmi kepada Pemerintah pusat.

“Tadi aspirasi kita dari Cipayung GMNI dan HMI berjalan lancar dan diterima dengan baik oleh DPRD, walau massa kita sedikit namun kita sudah menunjukan kualitas dan intelektual kaum Mahasiswa , “ jelas Dana Wijaya.***

EDITORRichard

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca