Arumi Ingatkan Fenomena Baby Boom dan Pentingnya Kontrasepsi KB

  • Whatsapp
Ketua TP PKK Prov Jatim Pada acara peringatan Puncak Harganas XXVII di Nganjuk

Ketua Tim Penggerak PKK Jatim hadir di puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-XXVII

KABAR RAKYAT – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak mengingatkan akan adaya fenomena Baby Boom di tengah terjadinya pandemi Covid-19.

Ini penting, adanya pembatasan terkait protokol pencegahan Covid-19 seperti Stay At Home membuat masyarakat tidak leluasa mengakses pelayanan kontrasepsi atau KB.

Read More

Baca: PLN Peduli dan Pokdarwis Banyuwangi Melatih SDM Pariwisata New Normal

Sehingga, sekitar 7.937.774 Pasangan Usia Subur/PUS menjadi tidak terlindung kontrasepsi dan menjadi target terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan (KTD).

“Bisa kita bayangkan jika 7.937.774 PUS ini hamil bersamaan karena tidak terlindungi KB, maka yang terjadi akan ada 7.937.774 calon bayi yang akan terlahirkan untuk 9 bulan kedepan. Atau bisa kita sebut sebagai fenomena Baby Boom,” terang Arumi Ketua TP PKK Prov. Jatim.

Baca: CSR Perbankan di Bondowoso untuk Perbaikan Rumah Tak Layak Huni

Pada acara Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-XXVII Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2020 di RSIA Alf Subtin Nganjuk, Senin (29/6).

Ibu Arumi Saat meninjau pelayanan di RSIA Alf Subtin Nganjuk pada acara peringatan puncak Harganas XXVII_1

Fenomena Baby Boom ini jangan sampai dianggap sepele ataupun diabaikan keberadaannya. Sebab, sebanyak 7.937.774 calon bayi akan menjadi pekerjaan rumah minimal 15-20 tahun kedepan karena pemerintah harus menyediakan kebutuhan hidup bagi mereka.

Baca: Peningkatan Produksi Pertanian Harus Seimbang Kesejahteraan Petani

Apalagi, pada saat yang sama angka kematian ibu dan bayi yang selama ini diperangi juga harus bersiap untuk bertambah nilainya.

“Kita kembali diingatkan melalui program KB untuk menumbuhkan rasa Kepedulian dan Tanggung Jawab di masa depan,” urai istri Wagub Jatim ini.

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *