Asyik! Ada Kampung Duren di Sukowono Bondowoso

Kampung Duren Bondowoso (2)

Foto: Bupati Bondowoso KH. Salwa Arifin melihat berbagai varian usai meresmikan kampung durian. (Ifa)

KABARRAKYAT.ID – Kampung Duren di Desa Sukowono kecamatan Pujer resmi dilaunching oleh Bupati Bondowoso, Drs KH Salwa Arifin.Launching yang bertempat di Balai Desa Sukowono, Jalan Pringgodani KM 5 Pujer itu, juga dihadiri Wabup Irwan Bachtiar, Forkopimda dan beberapa kepala OPD dan Camat.

Launching Kampung Duren pada Sabtu (23/3/2019) juga dimeriahkan dengan para petani duren yang menggelar bazaar di sepanjang jalan menuju Kantor Desa Sukowono. Ada 18 stan durian yang disediakan dalam launching tersebut, stan-stan itu menyediakan berbagai macam varietas dan rasa, khusus durian yang memang dari Desa Sukowono, Bondowoso.

Bupati Bondowoso berharap agar desa ini benar-benar menjadi kampung duren. “Saya berharap pada aparat desa dan warga disini, bahwa Desa Sukowono betul-betul akan menjadi kampung duren. Artinya potensi yang ada disini , buah duren disini selalu tersedia. Ini juga bisa menjadi ekonomi mandiri di sini,”ujarnya saat sambutan.

Bupati Salwa juga meminta agar tiap pekarangan rumah ditanami pohon durian. “Tingkatkan kualitas buah ini, dan saya harapkan ditiap pekarangan , masing-masing RT dan RW, harus ada pohon durian.  Betul nyata , bahwa Sukowono adalah benar-benar kampung duren , terbukti dengan banyaknya pohon duren di desa ini,”pinta orang nomer satu di Bondowoso ini.

Demikian pula para petani durian agar meningkatkan kinerjanya . “Tingkatkan pula kinerja petani duren. Upayakan buahnya istimewa,  kami akui bahwa duren di Sukowono ini, kualitas dan rasanya memang bagus , melebihi dari desa-desa lainnya. Jadi saya harapkan kedepan mari kita bersama-sama untuk meningkatkan perekonomian dengan dilaunchingnya kampung ini, mudah-mudahan Bondowoso menjadi kabupaten yang melesat,”tutup Bupati Salwa.

Kampung Duren Bondowoso (1)

Foto: Bupati KH. Salwa dan Wakil Bupati H. Irwan bersama Forpimda menunukan varian durian yang sudah terkenal saat foto bersama (Ifa)

60 persen dari semua varietas durian se Indonesia , ada di kampung ini. “Dari semua varietas durian se Indonesia, 60 persennya memang sudah ada,  tertanam di kampung sini . jenis Montong dan durian yang warnanya orange juga ada disini,”jelas Ahmad Fausi Ketua Bumdes Desa Sukowono.

Ahmad Fausi juga memaparkan Prospek kedepan kampung duren. “Kita akan konsep, makan dulu  baru bayar. Akan kami buat di dusun Karang Pesel, karena ditempat itulah cikal bakal adanya pohon durian dan juga ditempat itulah ada pohon durian yang telah berumur 65  tahun.  Itu durian ronjengan namamya. Warga menamai ronjengan karena rasanya pahit ada manisnya dan berbentuk lonjong tidak seperti bentuk durian pada umumya. Stand-stand atau semacam warung akan kami bangun di sana. Jadi para wisatawan yang ingin menikmati durian, nantinya akan kami arahkan ke dusun tersebut,”paparnya pada  awak media.

Bumdes yang dikelola Ahmad Fausi yang nantinya akan memback-up semua konsep yang Ia sampaikan.  “Dari hulu ke  hilirnya akan kami konsep seperti kulinernya . Dibahas dengan  Diskoperindag dengan rapat terbatas untuk mengelola ini semua , dengan fasilitasi Pemkab. Yakni produk kuliner jadi, berbahan durian. Dan bahkan sampai pada destinasi wisata kebun duren, seperti masukan dari Bapak Wabup tadi,”imbuhnya.

Untuk informasi. Dana Dari DD untuk Bumdes menyuport,  mengembangkan potensi didesa ini. “Tahun kemaren sudah digalakkan, bantuan bibit durian dari desa. Pengalokasiannya dari dana DD itu, untuk beli bibit pohn duren, dan ditanam di pekarangan  warga-warga di sini, dari DD ke Bumdes, Total pohon durian yang terdata sekitar 27.000 pohon durian sementara ini, milik warga desa Sukowono,”ujar Ahmad Fausi.

Reporter : ifa

Editor : Richard

banner 970x90









Loading...

#bondowoso #Bupati Salwah #Kampung Duren Sukowono

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 800x600)

    Tinggalkan pesan