Badan Narkotika Lumajang Sosialisasi Penanganan Narkoba

  • Whatsapp

KABARRAKYAT.ID – Badan Narkotikan Nasional Kabupaten (BNNK) Lumajang menggelar sosialisasi program rehabilitasi dan pasca rehabilitasi tahun anggaran 2018, Rabu (03/10).

Kegiatan sosialisasi diikuti kurang lebih 25 peserta dari TNI/Polri , perwakilan puskesmas, Dinas Pendidikan dan RSUD dr. Haryoto Lumajang dan RSU Djatiroto.

Bacaan Lainnya

Kegiatan itu dipimpin AKBP Mudawaroh selaku ketua BNNK lumajang dan dua nara sumber dari BNNP Jatim AKBP drs.Tony Sugiyanto Kabid Rehabilitasi BNNP Jawa Timur dan Novan Arief P .AMK selaku perawat Sie Plr BNNP Jawa Timur.

AKBP Mudawaroh menjelaskan, sosialisasi rehabilitasi dan pasca rehabilitasi bagi pengguna narkoba, kedepannya, para pengguna narkoba berhenti untuk tidak lagi mengkonsumsi narkoba yang berdampak pada kesehatan dan kematian.

Baca juga:

* Oknum Guru Pondoknongko Gelapkan Mobil Rental

Inspektorat Janji Usut Tuntas Pungli DAK BOP PAUD

Sementara itu, Kabid Rehabilitasi BNNP Jawa Timur AKBP Drs. Tony menjelaskan, ditahun 2017 jumlah pengguna narkoba yang direhabilitasi BNNP di Jawa Timur mencapai 493 orang lebih. Sedangkan BNNK Lumajang sudah merehab sebanyak 20 orang.

Ia menambahkan, pada dasarnya untuk penanganan pengguna narkoba, terlebih dahulu harus direhab, setelah itu, dilanjutkan dengan penanganan pasca rehabilitasi yaitu penanganan rehabilitasi berkelanjutan. ” Dalam teorinya, jika orang pengguna narkoba hanya mengikuti rehabilitasi saja, bisa dikatakan 70℅ orang tersebut akan mengulangi lagi untuk mengkonsumsi narkoba,” jelas AKBP Tony.

Lebih jauh AKBP Tony menjelaskan, untuk pasca rehabilitasi yang tuntas ditahun 2017 yang berjumlah 493 orang yang mengikuti program hanya 6 orang yang tidak berhasil,artinya dalam penanganan rehab dan pasca rehab yang dilakukan BNNP,BNNK dan lembaga yang bekerja sama dengan BNNP para pengguna narkoba kemungkinan pulihnya cukup besar.

Reporter: ulum

Editor: Coi/Choiri

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *