Selasa, November 24, 2020
Beranda JATIM BANYUWANGI Bakesbangpol Banyuwangi, Edukasikan Pentingnya Membela Negara Jelang Pilkada

Bakesbangpol Banyuwangi, Edukasikan Pentingnya Membela Negara Jelang Pilkada

REPORTERFendi

KABAR RAKYAT –  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (BAKESBANGPOL) Kabupaten Banyuwangi, laksanakan kegiatan peningkatan kesadaran bela negara kepada para pemuda dan sejumlah lapisan masyarakat. Selasa, (17/11/2020).

Kegiatan yang mengusung tema ‘Pendidikan Bela Negara Dalam Membangun Kesadaran Berbangsa dan Bernegara’ tersebut, digelar di aula Kantor Desa Kabat Kecamatan Kabat, Banyuwangi.

Bersama dengan Kodim 0825 Banyuwangi, Bangkesbangpol melaksanakan kegiatan peningkatan kesadaran bela negara, selama dua hari secara langsung. Yakni, dimulai pada tanggal 17-18 November 2020.

Kesadaran akan bela negara merupakan kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban untuk membela tanah air tercinta.

Pada hari pertama kegiatan dilaksanakan, juga dihadiri oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Menurut Anas, pemahaman tema ‘Pendidikan Bela Negara Dalam Membangun Kesadaran Berbangsa dan Bernegara’, merupakan hal yang harus dilakukan dengan terbinanya hubungan baik antar sesama warga dan tetangga, apalagi saat berlangsungnya pesta demokrasi seperti menjelang pilbup saat ini.

“9 Desember 2020 merupakan sebuah pesta bagi kita, yaitu pesta demokrasi, pestanya rakyat, oleh karena itu kita barus melaksanakannya dengan penuh rasa senang dan kegembiraan. Berbeda pilihan soal biasa namun kerukunan harus tetap terjaga” kata Bupati Anas dalam sambutannya.

Selanjutnya acara dibuka oleh Kepala Bakesbangpol Kabupaten Banyuwangi  Abdul Aziz Hamidi. Menurutnya pemuda memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam bela negara. Namun, fenomena menjelang pemilukada ini, kerap membawa ancaman dan perubahan karakter dari kalangan para pemuda.

“Kesadaran bela negara menjadi tanggung jawab bersama seluruh bangsa Indonesia, terlebih bagi generasi muda. Oleh karena itu, anak-anak muda tidak usah takut akan beda pilihan, karena itu telah dijamin oleh Undang-Undang,” kata Abdul Aziz Hamidi saat membuka acara di

Selain itu, Abdul Aziz Hamidi juga berharap bahwa, meskipun terjadi beda pilihan, akan tetapi jangan sampai membuat pecah dikalangan masyarakat.

“Oke, kita beda pilihan pada saat 9 Desember nanti, tapi sesudah masuk ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) kita beda pilihan, keluar TPS perbedaan diantara kita harus dihilangkan” Harapnya.

Menurut kepala Bakesbangpol, Banyuwangi yang sedang kondusif saat ini, dengan adanya kegiatan pesta rakyat 9 Desember nanti, agar bisa kembali kondusif. Sehingga semua kegiatan pembangunan, akan terlaksana dengan baik.

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca