Balap Kuda Ala Bromo Meriahkan HUT Bhayangkara ke-73

105 views
Balap Kuda di Bromo

Balap kuda ala suku Tengger di lautan pasir gunung Bromo meriahkan HUT Bhayangkara ke 73. Ft. Ist/Nre

KABARRAKYAT.ID – Menyemarakan hari ulang tahun Bhayangkara ke-73, warga suku Tengger di gunung Bromo menggelar balap kuda tradisional. Balap kuda tradisional ini mendapat perhatian wisatawan local maupun manca negara karena unik.

Warga suku Tengger memiliki cara sendiri untuk memberikan apresiasi kepada Kepolisian yang kini memasuki usia 73 tahun. Mereka tidak saja mengucapkan selamat kepada jajaran Polrers Probolinggo atas hari jadi Bhayangkara ke 73 tetapi juga memeriahkan dengan cara lomba pacuan kuda trasional di lautan pasir gunung Bromo.

Memanfaatkan lautan pasir para penunggah kuda memacu kudanya dengan secepat mungkin di garis finish. Berbeda dengan pacuan kuda umumnya. Para joki hanya mengenakan pakaian khas suku Tengger.

Acara balap kuda ini diikuti ratusan kuda milik warga yang biasanya mereka gunakan untuk bekerja di lading atau kuda yang kerap dipakai melayani wisatawan. Pembukaan balap kuda trasional ini dibuka langsung kapolres probolinggo AKBP. Edwwi Kurnianto juga dihadiri Dandim 0820 Letkol.INF. Imam Wibowo. Lomba balap kuda ini bahkan dihadiri tokoh Kabupaten Probolinggo  Drs. H. Hasan Aminuddin, Msi yang juga ketua Tokoh agama/adat DPP Partai Nasdem .

“ Lomba balap kuda ini digagas oleh warga adat Tengger untuk memeriahkan HUT Bhayangkara ke 73. Sungguh ini suatu apresiasi yang membuat kami terharu dan bangga dengan sinergitas yang terjalin baik dengan semua komponenan masyarakat di kabupaten Probolinggo”,Kata AKBP. Eddwi Kurnianto, Senin (1/7/2019)

Untuk mengkukuhkan balap kuda tradisional Kapolres Probolinggo memberikan piala Kapolres Cup I Tahun 2019 agar kegiatan menarik ini bisa berkelanjutan dan menarik untuk disaksikan masyarakat luas.

Sementara itu tokoh masyarakat kabupaten Probolinggo  yang juga anggota DPR RI Hasan Aminuddin mengucakapkan selamat atas hari jadi Bhayangkara ke 73 dan berharap Polri semakin Profesional dan terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“ Acara balap kuda ini baik untuk merekatkan hubungan antara masyarakat dengan unsur pemerintahan dalam hal ini Polri. Sinergitas yang baik disini diharapkan mampu membangun kebersamaan akan semangat persatuan dan kesatuan bangsa”, ungkap Hasan Aminuddin.

Reporter: Richard

Editor: Choiri

#Balap kuda tradisional #lomba pacuan kuda #Peringati HUT Bhayangkara ke 73 #Polres Probolinggo gelar balap kuda di Bromo #pemkab Probolinggo #Bromo

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)
    1. author
      andri yanto2 weeks agoReply

      bner bner keren ini acara kemarin… seru

    Leave a reply