Balap Sepeda ITdBI Masuk Deretan 5 Besar Dunia

  • Whatsapp
ITDBI 5 Dunia
ITDBI 5 Dunia

KABARRAKYAT.ID – Ajang balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) masuk deretan lima besar terbaik dunia kategori 2.2 balap sepeda.

Penilaian tersebut disampaikan langsung Event Director Jamaludin Mahmood usai gelaran ITdBI etape 3, Jum’at (28/9/2018) kemarin.

Bacaan Lainnya

“ITdBI bahkan mengalahkan beberapa balapan kategori 2.1 yang dihelat di negara lain.  Meskipun kasta ITdBI dibawah level 2.1  tapi di sini bagus,” kata Mahmood.

Menurutnya, banyak faktor yang membuat even ITdBI 2018 masuk jajaran lima terbaik dunia. Soal penyelenggaraan pasti masuk penilaian. Urusan background start dan polesan lokasi finish ikut pula mendongkrak.

“Pilihan lokasi strat dan finish serta polesan background-nya juga menjadi penentu. Kelancaran race dari start sampai titik akhir termasuk di dalamnya,” ucap pria asal Malaysia.

Selain ITdBI di Indonesia, negara lain yang masuk dalam jajaran lima besar penyelenggaraan balapan sepeda 2.2 adalah China, Jepang, Korea, serta Kazakstan. ITdBI hanya kalah soal jumlah penonton dari balapan yang ada di Negeri Tirai Bambu.

“Jumlah penduduk China satu miliar lebih.  sedangkan di Banyuwangi hanya 1,6 juta jiwa.  Tentu tak sebanding. Namun melihat antusias penonton di sepanjang lintasan sudah bagus dan ramai,” tuturnya.

Kedepan, ITdBI harus tetap ada meskipun Bupati Anas tak lagi menjabat. Karena lomba balap sepeda berdampak positif bagi perkembangan ekonomi dan sport tourism.

“Lihat Pulau Merah dulu kayak apa. Diawal ITdBI kita jadikan lokasi start karena menurut kami bagus ada lintasan pantainya. Sekarang Pulau Merah telah dikenal dunia dan menghasilkan rupiah yang besar. Bahkan parkirannya penuh saat liburan,” pungkasnya.

Reporter : Fattahur

Editor : Coi/Choiri

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *