Bangun Industri Kereta Api di Banyuwangi Karena Strategis

53 views
banner 468x60)

Dirut PT. INKA, Budi Noviantoro dan Menteri BUMN Rini M Soemarno di Banyuwangi

KABARRAKYAT.ID – Ini penjelasan Menteri BUMN, Rini M Soemarno, terkait investasi Rp. 1,6 triliun, diperuntukan pembangunan pabrik kereta api, dilahan PTPN XII Kali Selogiri Afdeling, Secang-Wangkal Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur, seluas kurang lebih 84 hektar lebih.

Menurut Menteri Rini, pembangunan pabrik kereta api, Industri Kereta Api (INKA) untuk di Banyuwangi, dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya, permintaan kereta dari dalam negeri terus meningkat, sedangkan lahan pabrik yang ada di Kabupaten Madiun sudah menyempit.

“Jadi, kita putuskan untuk membangun pabrik yang baru yakni di Banyuwangi,” katanya.

Baca juga :

Dengan harapan, berdirinya pabrik kereta kedua ini bisa mendominasi pasar Asia dan Afrika. Hingga kini, PT. INKA sudah mengekspor kereta ke sejumlah negara diantaranya, Bangladesh, Malaysia, Filipina, Australia, dan Singapura.

Menteri Rini menambahkan, nantinya dalam pengerjaan pabrik kereta ini dengan nilai investasi sebanyak 1,6 triliun ini akan dikerjakan dalam dua tahap. Tahap pertama akan dilakukan pada akhir 2018, dan direncanakan bisa beroperasi pada awal 2020.

Sementara itu, Direktur Utama PT. INKA, Budi Noviantoro mengatakan, usai mendapat respon positif dari Pemerintah Banyuwangi, pihaknya langsung bergegas menyelesaikan proses perijinan dan rancang bangun pabrik kereta tersebut.

Dipilihnya lokasi pabrik di tempat tersebut, karena sangat strategis, dan berdekatan dengan Pelabuhan Tanjung Wangi juga Pelabuhan ASDP Ketapang, serta berada pada jalur jalan tol yang menghubungkan Probolinggo dan Banyuwangi.

Reporter : Fattahur

Editor : Coi/Choiri

banner 468x60)

#INKA #Menteri BUMN #PAbrik kereta api #Rini M Soemarno

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply