Bangunan Gapura di Karya Bakti “Pakai Batako Apa di Cor”

215 views

Foto: Bangunan gapura di Kampung Karya Bakti sumber dana ADK

KABARRAKYAT.ID – Pembangunan Gapura di Kampung Karya Bakti, Kecamatan Meraksa Aji, Kabupaten Tulang Bawang yang bersumber dari Alokasi Dana Kampung (ADK) diharapkan sesuai standar dan tidak melenceng dari RAB (rencana anggaran belanja). Pembangun proyek gapura sempat ramai tentang penggunaan bahan material yang menggunakan batako sebagai pengganti cor.

Saat dikonfirmasi terkait pembangunan gapura tersebut, Sekretaris Kampung Karya Bakti Arif Saifudin mengatakan pembangunan Gapura di kampung itu ada dua unit yang terletak di RK. 4 dan RK. 1 serta pembuatan Joging Track di lapangan.

“Jadi untuk Jumlah keseluruhan ADK pada tahun ini Rp.250 juta yang kami pergunakan untuk membangun Gapura sebanyak dua unit dengan pagu Rp.55 juta perunit dan pembuatan joging track sepanjang keliling lapangan yang letak lokasinya di kampung karya bakti ini, jadi total untuk dua unit gapura itu anggaran nya 110 juta, dan lainnya untuk pembuatan joging track tersebut, hanya saja tinggal menunggu tahap terakhir pencairan sebanyak Rp.50 juta,” ucap Arif Saifudin saat konfirmasi dirumanya, Rabu (19/12/2018).

Disinggung terkait penggunaan material batako, Arif menyangkal jika kegiatan pembangunan gapura itu telah menyalahi aturan. Menurutnya penggunaan bahan material batako yang digunakan itu sudah sesuai dengan RAB yang telah di tentukan oleh perancang (Astek) kegiatan tersebut.

“Saya rasa pembangunan gapura itu sudah sesuai dengan RAB yang ada, sebab yang pasti dalam teknis pembangunan dilapangan itu tentu sudah ada Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) dan Konsultan Tekhnik yang telah menentukan desain gambar dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunan itu sendiri, jadi supaya jelas silahkan tanyakan saja langsung kepada Astek nya saja, terus terang saya bingung untuk menjawabnya,” kata Arif, baru ini.

Sementara Astek sekaligus kaur pembangunan Kampung Karya Bakti, Riski saat di pertanyakan hal yang sama tentang penggunaan material batako Riski beralasan sebelum nya telah di coba untuk melakukan pengecoran sebagaiman mestinya namun upaya itu tidak berhasil.

“Kemarin sudah kami coba menggunakan kayu untuk pengecoran ternyata banyak yang bocor, akhirnya kami memutuskan menggunakan batako ternyata tidak bocor,” ucap Riski.

Reporter : Buhari

Editor : Coi/Choiri

#proyek gapura #tulang bawang

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply