Banjir di Ijen Bondowoso Tahun Ini Terparah, Tercatat Sudah Tiga Kali Terjadi

  • Whatsapp
IMG-20200130-WA0024 Banjir bondowoso
Kondisi terkini Desa Kalisat, Kecamatan Sempol, Bondowoso yang juga terdampak banjir.
Banjir badang dikawasan Ijen Bondowoso terjadi tiga kali. Tahun 2015, Tahun 2018 dan Tahun 2020

KabarRakyat.ID – Banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso sudah tiga kali melanda kawasan ini.  Awal mula terjadi pada tahun 2015, selang tiga tahun, banjir bandang terjadi lagi pada tahun 2018. Tahun ini, banjir merupakan yang terparah dari dua kali kejadian sebelumnya.

Selain merusak  perumahan warga, banjir bandang tahun ini merusak sejumlah kadang ternak. 3 orang korban terpaksa menjalani perawatan. Karena terjebak banjir yang datang secara tiba – tiba.

Read More

banner 645x400

Informasi yang disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso Kukuh Triatmiko, pemicu terjadinya banjir bandang adalah pucak Gunung Suket gundul akibat kebakaran hutan beberapa waktu lalu. Kayu gelondongan bercampur lumpur yang terbawa oleh air,  merupakan sisa – sisa kebakaran hutan.

“Hujan kemarin cukup deras. Sementara, diatas gunung , gundul akibat kebakaran hutan,” kata Kukuh, Kamis (30/1).

Sejumlah warga dibantu TNI, Kepolisian, tim BPBD dan relawan bekerjasama membersihkan lumpur bercampur puing kayu. Selain itu, barang – barang milik warga yang masih tersisa diungsikan ketempat yang lebih aman.

Data yang diberikan oleh BPBD, untuk sementara terdapat dua ratus rumah milik warga di Desa Kalisat dan Sempol terdampak banjir.  Kejadian terparah di Dusun Kampung Baru Desa Kalisat.

Reporter : Ifa

Editor : Richard

Related posts

banner 645x400
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *