Banjir Lumpur Terjang Alasrejo 50 Rumah Terendam 3 Jembatan Rusak Sawah Rusak

  • Whatsapp

KabarRakyat – Banjir disertai lumpur menerjang kawasan Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi, kemarin, Sabtu (7/3/2020) sejak pukul 12.30 WIB.

Salah satu diantaranya di Dusun Kebunrejo RT 1,2 dan 3 RW 3 Desa Alasrejo. Luapan air hujan dari Curah Kramasan Wongsorejo membanjiri ke 50 rumah warga, juga mengakhiri 20 hektar persawahan dan 3 jembatan terdampak mengalami ambrol.

Read More

Tak hanya itu, 8 unit sepeda motor hanyut ikut terbawa arus. Namun tidak ada Korban jiwa.

Dikonfirmasi via ponsel Kabid kedaruratan dan logistik BPBD Banyuwangi Eka Muharram mengatakan bahwa banjir di Alasrejo dengan luasan terdampak dan ketinggian air seperti terjadi kemarin baru berdasarkan catatan BPBD baru pertama kali terjadi.

Faktor penyebabnya selain curah hujan tinggi, juga karena semakin luasnya keterbukaan lahan di hulu sehingga area resapan air hujan sangat berkurang. Sehingga volume air yang mengalir melalui curah/sungai meningkat tidak tertampung oleh badan sungai,” tuturnya.

Lanjut kata Eka Muharam,”  sehingga air melimpas ke daratan. Banjir juga dipicu rendahnya kesadaran masyarakat menjaga kebersihan sungai, banyak sekali material sampah pada aliran sungai yang menghambat dan menyumbat aliran air,” imbuhnya.

Eka Muharam menghimbau, agar masyarakat berpartisipasi menjaga aliran sungai agar tetap bisa mengalirkan air secara normal dengan tidak membuang sampah terlebih limbah pertanian ke sungai.

Reporter: Jaenudin

Editor: Choiri



Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *