Bank Jatim Didukung Prioritaskan Penyaluran Dana PEN untuk UMKM dan IKM

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Didepan jajaran Komisaris dan Direksi Bank Jatim Tbk, Pimpinan Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia Korwil Jawa Timur, di Ruang Bromo BPD Jatim, Rabu 10 Maret 2021, Khofifah Indar Parawansa membeberkan peluang usaha perbankan di tengah Pandemi. 

Dirinya mengatakan bahwa ia mempunyai data, peta kekuatan keuangan masing masing daerah dan prospek industri serta iklim investasi di Jawa Timur.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah menurut catatan BKPM, iklim investasi di Jawa Timur cukup kuat dan pertumbuhannya paling tinggi dibanding Provinsi besar lainnya di pulau Jawa yang di saat pandemi covid-19 tahun 2020 justru mengalami kontraksi sementara investasi di Jatim tumbuh positif 33 persen,” Kata Gubernur Khofifah.

“Artinya disini banyak peluang usaha, saya minta Bank Jatim ikut mendorong pertumbuhan ekonomi dan akselerasi pembangunan di Jatim lebih signifikan lagi,” pintanya.

Ia juga mengharapkan pelaku UMKM di Jawa Timur tetap menjadi prioritas dari penyaluran Dana PEN Bank Jatim pada tahun ini. 

“Saya berharap dana dua triliun Dana PEN Bank Jatim tahun 2021 tetap diprioritaskan untuk UMKM dan IKM, mengingat 56,94 persen PDRB Jatim di support oleh UMKM,”harapnya. 

Gubernur yang energik ini dengan gamblang dan lugas memberi arahan bagaimana harus bekerja sinergis dengan cara penguatan digital banking, penguatan produk perbankan yang lebih customer friendly dan tentu menjalin kolaborasi yg lebih kuat dg pimpinan daerah.

Mantan Menteri Sosial RI ini mengatakan bahwa pada jaman sekarang perusahaan harus memahami peta aktor kelembagaan daerah, dunia usaha dan peluang pembiayaan usaha maupun fungsi penampung dana APBD serta optimalisasi dana pihak ketiga. Itu juga ada di RPJMD masing masing.

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *