Banyak THL Tersingkir, DPRD Banyuwangi: Kaji Ulang

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Lembaga DPRD Kabupaten Banyuwangi menggelar rapat hearing bersama dinas terkait persoalan rasionalisasi atau pengurangan Tenaga Harian Lepas (THL) di beberapa SKPD Banyuwangi yang dinilai kurang tepat.

Hearing bersama Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) bertempat di Ruang Rapat Khusus DPRD Banyuwangi, Senin (1/3/2021).

Bacaan Lainnya

Pimpinan dewan dan anggota Komisi I berharap kebijakan rasionalisasi THL dikaji ulang.

Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Ruliyono mengatakan, melihat kondisi yang serba sulit dampak dari pandemi covid-19, kebijakan pengurangan THL dinilai kurang tepat,

Sebagai tulang punggung keluarga mereka masih membutuhkan pekerjaan guna mencukupi kehidupan sehari-harinya.

” Kebijakan pengurangan dan pemberhentian THL kurang tepat dan tidak manusiawi, karena saat ini kondisi masih prihatin dampak pandemi covid-19 , dan sebagian besar mereka tulang punggung keluarga, banyak tanggungan,” ungkap Ruli usai memimpin hearing.

Dewan meminta agar pemerintah daerah mengkaji ulang kebijakan rasionalisasi THL tersebut dan mempekerjakan kembali para THL di SKPD masing-masing.

“Disini kita carikan solusi. Kami masih memberikan kesempatan kepada BKD dan BPKAD untuk berkoordinasi dengan Sekda dan Bupati baru soal kebijakan rasionalisasi THL,” tandasnya.

Sementara Kepala BKD Banyuwangi, Nafiul Huda menyampaikan bahwa pengurangan THL di lingkungan SKPD (satuan kerja perangkat daerah) Banyuwangi dikarenakan adanya kelebihan pegawai.

Dia menyebut, ada sekitar 300 lebih THL yang akan dikurangi. “Karena selama ini masih over, sehingga kita berusaha untuk merasionalisasi itu,” ungkap Huda usai hearing.

Untuk tindak lanjutnya, BKD masih akan melakukan koordinasi soal rasionalisasi THL tersebut.

“Nanti kami rapat kan lagi, kami laporkan pak Sekda biar nanti dari pak Sekda yang memberi putusan,” tutupnya.***

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *