Minggu, November 29, 2020
Beranda JATIM BANYUWANGI Banyuwangi Meraih Predikat Terbaik Kinerja Pemerintahan Se Indonesia

Banyuwangi Meraih Predikat Terbaik Kinerja Pemerintahan Se Indonesia

REPORTERRichard

KABAR RAKYAT – Ada yang terlewatkan dari hiruk pikuk politik di masa kampanye Pilkada 2020 yang kian memanas. Hal yang tidak terduga, Kabupaten Banyuwangi miliki predikat terbaik kinerja pemerintahan, di bawah kepemimpinan Bupati Abdulah Azwar Anas dengan penilaian tertinggi.

Penghargaan itu disampaikan langsung Presiden Joko Widodo diterima Bupati Abdullah Azwar Anas dengan Ranking 1 Nasional Tahun 2020 dalam menjalankan kinerja pemerintahan. Penilaian ini berdasarkan hasil survey dengan penilaian ada 786 indikator dari seluruh Kementerian RI.

Membanggakan dan nyaris dilewatkan media ketika kabupaten
Banyuwangi pada 22 Oktober 2020 lalu dinobatkan sebagai daerah yang kinerjanya terbaik nasional. Prestasi ini tentu saja membuat warga Banyuwangi bangga melihat kinerja ASN Pemkab Banyuwangi.

Dihadapan awak media anggota PWI Banyuwangi, Ketua PWI Jawa Timur, Ainur Rohim, Dewan Pers Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Verifikasi Pers Ahmad Djauhar, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol. Arman Asmara Syarifudin.

Baca : Libur Panjang, Gubernur Khofifah Wanti-Wanti Waspadai Risiko Penularan Covid-19 dan Hidrometeorologi

Bupati Anas disela sambutan pembukaan Seminar di Pendopo Sabha Swaga Blambangan menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kontribusi masyarakat Banyuwangi dalam menjaga harmonisasi roda pemerintahan.

Menurut Anas, kondusifitas yang baik akan meningkatkan kepercayaan investasi dan menjaga daya beli di tengah pandemi Covid-19.

Anaz menyampaikan hasil surve treveloka, Banyuwangi kawasan ketiga nasional setelah Bali dan Yogyakarta daerah ini yang dipilih untuk dikunjungi wisatawan.

Indikator bahwa iklim usaha ekonomi kreatif di Banyuwangi dan pertumbuhan ekonomi masih mampu tumbuh meski di tengah kondisi pandemi.

Baca : Gubernur Khofifah Resmikan Wisata Edukasi Berkuda dan Panahan Kalidawir Sidoarjo

Menurut Bupati Anas hasil kinerja pemerintah daerah Banyuwangi tahun 2020 dinyatakan berhasil dan mampu menduduki Ranking I Nasional berdasarkan ratusan indikator dari seluruh kementerian.

“Prestasi ini tentu sangat membagakan kita semua, dinyatakan terbaik secara nasional. Perlu kerja keras dan dukungan semua komponen masyarakat, prestasi ini dapat terwujud. Dari prestasi ini Mendagri merekomendasi pemerintah daerah belajar banyak dari ASN Banyuwangi,” kata Abdullah Azwar Anas.

Anas di masa jabatanya, memaparkan kinerja Pemkab Banyuwangi mengalami peningkatan karena dinilai mampu mengendalikan inflasi daerah hingga 3,03 persen.

Dan menjadi daerah yang paling efisien terhadap biaya hidup. Sebelumnya nominasi ini disandang Yogyakarta dan Kudus. Bahkan, Bank Indonesia menilai Banyuwangi sukses kendalikan inflasi selama tahun 2020.

Baca : Kapolresta Banyuwangi Ajak PWI Aktif Perangi Hoax di Masa Pilkada

“Inflasi kita terendah secara nasional dan menjadi kawasan yang
paling efisien terhadap biaya hidup. Disisi lain, pertembuhan
ekonomi juga tumbuh dengan indikasi angka perkapita ekonomi
mencapai 51,8 juta per tahun. Semua data ini terekam di BPS dimana daya beli masyarakat juga terjaga meski kondisi krisis pandemi Covid-19,” jelas Anas di acara seminar PWI.

“Kenapa? Sukses ini karena Kondusifitas Banyuwangi mampu dijaga
dengan baik. Peran Kapolresta Banyuwangi sangat bagus terlebih mampu  mengontrol aksi penimbunan barang ekonomis. Jika monopoli dan penimbunan terjadi sangat sulit menjaga inflasi,” beber Anas,(23/10) lalu.

Sayang kata Anas, justru prestasi ini jarang diviralkan, malahan isu
yang tidak produktif menjadi perhatian sosial media maupun media
mainstream. Bupati dua periode ini menjelang kampanye Pilkada
masyarakat di Banyuwangi tetap cerdas dalam menerima informasi
sehingga kondusifitas tetap terjaga.

Dalam paparan pencapaian kinerja ASN Banyuwangi, Anas ceritakan, dari peringkat 156 kinerja pemerintahan tahun 2018 bisa melompat posisi ke 4 tahun 2020. Fondamental ekonomi yang positif pertumbuhannya harus dijaga bersama semua elemen, siapa pun Bupati terpilih di Pilkada 9 Desember 2020, nanti.

Baca : Dewan Pers Ajak Media Banyuwangi Berikan Informasi Yang Sehat di Pilkada

“Pilkada sudah pasti ada pemenangnya. Namun yang paling penting
fondamental yang telah terbangun baik ini harus dijaga bersama.
Banyuwangi harus mampu menjadi kawasan yang lebih makmur dan itu berlu konsolidasi,” tutupnya.***

EDITORChoiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca