BASARNAS Beri Latihan Tehnik Dasar Tentang SAR di Kampus UNEJ

BASARNAS

Rescuer saat memberikan pelatihan potensi di Kampus Unej.

KabarRakyat.ID – Pengenalan instansi BASARNAS dan Pelatihan Teknik Dasar tentang SAR penting untuk terus digiatkan kepada masyarakat. Seperti yang telah dilakukan Pos SAR Jember secara rutin, kali ini tim rescuer Pos SAR Jember memberikan pelatihan potensi di Kampus Universitas Jember (Unej) pada Minggu (24/11/2019).

Tidak hanya pengenalan instansi BASARNAS, sebanyak 70 orang yang terdiri dari mahasiswa dan relawan Kampus Unej diberi pembekalan mengenai teknik-teknik dasar SAR dan prosedur evakuasi korban.

“Setiap orang harus sadar akan pentingnya teknik pertolongan yang benar terhadap korban karena musibah bisa saja terjadi kepada orang yang berada disekeliling kita dan bila itu terjadi kita harus sigap dengan teknik pertolongan yang benar,” jelas Asnawi selaku koordinator Pos SAR Jember.

Baca juga:

Bertempat di pendopo Ilmu Sosial dan Politik Unej, peserta tidak hanya mendengarkan materi dari recuer, tetapi juga diajak secara langsung untuk melakuan simulasi pertolongan korban. Contohnya, dengan berperan aktif, para peserta secara bergantian mempraktekan teknik pemindahan korban seperti teknik penarikan maupun pengangkatan yang benar.

“Meskipun terlihat sepele, tetapi pemindahan korban tidak bisa dianggap remeh oleh sebab itu kita meminta peserta untuk langsung mempraktekkan dengan peserta lain” tambah Asnawi.

Reporter : Ifa

Editor : Setiawan

banner 970x90









Loading...

#BASARNAS #rescue #Unej

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply