Batal Pindah, PKL Rogojampi Minta Relokasi Yang Layak

  • Whatsapp
Batal Pindah, PKL Rogojampi Minta Relokasi Yang Layak

KabarRakyat.ID – Ratusan PKL di Kecamatan Rogojampi bersorak lega usai melakukan hearing di DPRD Banyuwangi, Senin (10/2/2020). Mereka berhasil penuhi tuntutan, menunda penggusuran sebelum ada tempat layak tetap berdagang.

“Tadi PKL menyampaikan tidak sepakat jika tempat yang disediakan untuk relokasi tersebut tidak layak. Disitu, secara ekonomi depan Ruang Terbuka Hijau (RTH) tersebut, sepi pengunjung,” kata Wakil Ketua DPRD Muh. Ali Mahrus, hearing di Ruang Komisi II.

Read More

Setelah mendengarkan aspirasi yang disampaikan PKL, kata Mahrus, DPRD sepakat bahwa rencana relokasi sejumlah pedagang tempatnya harus tepat dan layak untuk digunakan berjualan.

Dalam hal ini, DPRD telah memanggil PU Bina Marga, Cipta Karya, dan Tata Ruang, namun tidak hadir memenuhi panggilan. “PU sudah kita panggil tapi tidak hadir. Prinsipnya kita ingin mempertegas, pembangunan RTH di Rogojampi itu sampai kapan selesainya. Karena itu bagian PU,” tegasnya.

“Sepanjang relokasi belum siap, maka PKL tetap bisa berjualan di tempat biasanya. Dengan catatan, PKL harus tertib, menjaga kebersihan dan tidak mengganggu lalu lintas pengguna jalan. Dan yang terpenting, jangan menambah kuota pedagang,” imbuhnya.

Sementara Sementara itu, Sekretaris Paguyuban PKL Bersatu Rogojampi, Irvan Hidayat menyampaikan, jumlah pedagang yang terdata dalam Paguyuban PKL Bersatu Rogojampi, sebanyak 180 pedagang.

Pihaknya juga berkomitmen atas kesepakatan yang telah disepakati dalam hearing. “Kita sepakat, dan komitmen dari awal itu kita memang tetap menjaga kebersihan dan menjaga ketertiban, tidak mengganggu pengguna jalan yang selama ini dianggapnya kita itu sebagai penyebab kecelakaan yang ada disana,” ujarnya.

Seperti diketahui, pada November 2019 lalu PKL yang berjualan di sepanjang Jalan Raya Rogojampi hendak digusur karena dianggap melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Banyuwangi No. 11 tahun 2014 tentang Ketertiban Umum dan Ketertiban Masyarakat.

Alhasil, PKL resah dan mengungkapkan kekecewaanya atas penggusuran sepihak tersebut. Bahkan, PKL sempat protes dan mendatangi Kantor Camat Rogojampi.

Reporter : Fattahur

Editor : Choiri

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *