Bawaslu Banyuwangi Copot APK Caleg Berbayar

151 views
banner 468x60)
APK Caleg Berbayar copy

Foto: APK Caleg DPR RI direkomendasi Bawaslu untuk di copot (Ist/Hariyadi)

KABARRAKYAT.ID  – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu ) kembali melanjutkan aksi penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) Caleg yang terpasang di Billboard berbayar di Kabupaten Banyuwangi. Dan sebagian besar APK yang diturunkan tersebut milik calon anggota legislatif tingkat DPR.RI.

Koordinator divisi penindakan pelanggaran Bawaslu Banyuwangi, Anang Lukman Hadi mengatakan, pihaknya akan menertibkan tujuh titik billboard yang terpasang APK caleg. Penertiban dilakukan atas dasar surat edaran Bawaslu Republik Indonesia yang menegaskan APK tidak boleh dipasang ditempat yang dikenakan retribusi  daerah.

“ Peraturan Bawaslu RI tentang kampanye, APK milik calon anggota DPR,DPRD, DPD dan calon Presiden tidak boleh dipasang ditempat berbayar, APK hanya boleh dipasang di tempat-tempat yang telah ditentukan oleh KPU, Ucap Anang Lukman Hadi saat dikonfirmasi Kabar Rakyat, Rabu (27/02/2019).

Sebelum melakukan penertiban APK, ucap Anang ,pihaknya telah melakukan koordinasi dan pemberitahuan kepada Partai Politik maupun caleg, agar APK yang pemasangannya menyalahi aturan. Namun hingga bataswaktu yang diberikan, APK tidak kunjung diturunkan.

“ Sebelum ditertibkan, Bawaslu Banyuwangi sudah koordinasi dengan Partai Politik maupun caleg agar menertibkan atau menurunkan APK yang melanggar aturan , “ungkapnya.

Anang Lukman Hadi menambahkan, Bawaslu Banyuwangi akan terus melakukan penertiban atau penurunan APK yang melanggar aturan hingga masa tenang menjelang pemungutan suara Pemilu Tahun 2019.

Sebah semakin mendekati Pemilu, pemasangan APK yang tidak sesuai dengan aturan nampak semakn meningkat. Pada penertiban APK sebelumnya, ada 230 APK yang melanggar aturan, pada periode bulan Pebruari ini, APK yang melanggar aturan naik 20 persen yakni sekitar 287 APK .

Reporter : Hariyadi

Editor : Choiri

banner 468x60)

#APK Caleg #aturan pemilu #Banyuwangi #Bawaslu #Pemilu 2019

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply