Bawaslu Beri Peluang Ormas Jadi Pemantau Pemilu 2019

80 views
banner 468x60)

Foto: Bawaslu sosialisasi Perbawaslu tentang pengawasan pemilu di Santika Hotel

KABARRAKYAT.ID – Bawaslu Kabupaten Banyuwangi membuka peluang kepada organisasi masyarakat yang mempunyai badan hukum untuk turut serta mengawasi proses tahapan Pemilu tahun 2019. Harapanya pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan ini, dapat berjalan lancar, aman, jujur dan bermartabat.

“ Fungsi pengawasan Pemilu memang ada pada kami, namun partisipasi masyarakat juga dibutuhkan, kami berharap minimal di 217 desa atau kelurahan di Banyuwangi ada satu pemantau terlepas dari organisasi masyarakat, lembaga mana saja, kami ikut memetakan dan mendistribusikan ke seluru desa tersebut, “ ucap Komisioner Bawaslu Divisi SDM, Hasyim Wahid saat sosialisasi Peraturan Bawaslu No. 4 Tahun 2018 di Hotel Santika, Selasa (13/11/2018).

Hasyim Wahid mengatakan, pendaftaran lembaga pemantau tersebut terbuka untuk setiap elemen masyarakat dengan syarat memenuhi ketentuan yang telah diatur dalam PerBawaslu No. 4 Tahun 2018 tentang Pemantauan Pemilu. Pendaftaran pemantau Pemilu terakhir  7 (tujuh) hari sebelum pencoblosan yakni 10 April 2019.

“ Persyaratan yang harus dipenuhi Ormas atau lembaga pemantau diantaranya ada kepengurusan, berbentuk badan hukum, sumber dananya mandiri dan independen, pendaftaran bisa ke Bawaslu RI, Bawaslu Propinsi, maupun Bawaslu kabupaten, “ jelas mantan reporter Teleivisi swasta ini.

Selanjutnya sebelum menerbitkan Surat Keputusan (SK), Bawaslu terlebih dulu akan melakukan verifikasi pada ormas maupun lembaga yang mendaftar sebagai pemantau Pemllu tahun 2019, guna memastikan ormas atau lembaga tersebut tidak berafiliasi ke salah satu parpol maupun Tim sukses Capres.

“ Di proses pendaftaran itu kita akan melakukan verifikasi beberapa form, termasuk sumber pendanaan, ini yang harus kita pastikan, kita menjaga pemantau jangan sampai partisan, setelah semua dinilai clear baru kita keluarkan SK pemantau itu, punkas Hasyim Wahid.

Reporter: Hariyadi

Editor: Coi/Choiri

banner 468x60)

#Bawaslu Banyuwangi #Kabar Pemilu #Pengawasan Pemilu

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply