Jumat, Januari 22, 2021
Beranda JATIM KAB KEDIRI Bawaslu Kediri Temukan Surat Suara Tempelan Foto Artis Korea

Bawaslu Kediri Temukan Surat Suara Tempelan Foto Artis Korea

REPORTERMuajijin/Jin

KABAR RAKYAT – Masyarakat +62 (baca plus enam dua) dikenal sebagai masyarakat yang kreatif. Kegiatan apapun, serumit apapun bisa menjadi bahan untuk kreatifitas mereka. Satu diantaranya gelaran pilihan kepala daerah serentak, Rabu (9/12/2020) kemarin.

Kabupaten Kediri menjadi slah satu daerah yang menyelenggarakan pesta demokrasi tersebut. Saat dilakukan proses perhitungan surat suara di masing-masing TPS, ditemukan adanya tambahan gambar di kolom kotak kosong.

Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Kediri, Ali Mashudi, membenarkan adanya temuan tersebut. Menurutnya, temuan kolom kotak kosong diberi tambahn gambar ditemukan di 3 TPS yakni TPS Kandangan, Plemahan dan Kras.

“Ya, saat kita melakukan penghitungan surat suara, kita temukan adanya kolom kosong yang ditempeli gambar atau foto. Tempelan itu berupa pas foto, artis korea, juga ada yang nempeli Persik. Tentu saja itu tidak masuk kedalam surat suara tidak sah. Meskipun di tempat kolom kosong yang tidak ada gambarnya,” jelas Ali melalui sambungan suara, Kamis (10/12/2020).

surat suara pemilu
Foto Isitmewa

Ali menambahkan, dalam pelaksanaan pemilihan serentak kemarin, ada beberapa temuan dari Bawaslu kabupaten Kediri, yakni beberapa TPS kekurangan surat suara hingga diatas lebih dari 50 surat suara.

Kemudian, adanya surat suara yang berlogo Kabupaten Gresik, namun bergambar paslon dari Kabupaten Kediri.

“Temuan-temuan tersebut sudah kita sampaikan ke KPU sebelum pelaksanaan pencoblosan, untuk dinatisipasi. Untuk kekurangan suerar suara, untungnya tingkat kehadiran tidak banyak, sehingga bisa diantisipasi. Sementara untuk logo yang Kabupaten Gresik, kita masukkan kedalam surat suara rusak,” ucapnya.

Temuan-temuan tersebut saat ini menjadi bahan kajian Bawaslu Kabupaten Kediri. “Kita akan rapatkan terlebih dahulu, kita bahas lagi lebih lanjut,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca